DSpace Repository

Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qu’ran di Madrasah Ibtidaiyah Negri 1 Kota Tanggerang Selatan.

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Dimyati Badruzzaman
dc.contributor.author Mushoffa, 13311244
dc.date.accessioned 2020-02-28T03:43:14Z
dc.date.available 2020-02-28T03:43:14Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/525
dc.description.abstract Permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu bagaimana Implementasi Metode Qiroati dalam meningkatkan baca dan tulis Al-Qur’an kelas V Bilingual di MIN 1 Kota Tangsel dan Apakah penggunaan Metode Qiroati mamu meningkatkan baca dan tulis Al-Qur’an kelas V Bilingual di MIN 1 Kota Tangsel. Mengacu pada konteks penelitian diatas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Qiroati di MIN 1 Kota Tangsel, untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru dalam meningkatkan baca dan tulis Al-Qur’an, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat siswa dalam melaksanakan baca dan tulis Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala MIN 1 Kota Tangsel, Dewan Guru dan peserta didik Pemilihan MIN 1 Kota Tangsel ini karena ingin mengetahui penerapan Metode Qiro’ati. Pengumpulan data dilakukan melalui obserpasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan Metode deskriptif kualitatif. Dari Peneliti diperoleh hasil bahwa penggunaan Metode Qiroati mampu meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an pada siswa kelas V bilingual MIN 1 Kota Tangsel tahun ajaran 2016/2017. Adapun inti dari pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiraati adalah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, hal ini dirasa sangat efektif karena pada pelaksanaan klasikal peraga, peserta didik akan lebih semangat belajar sebab dituntut untuk membaca secara serempak/bersama-sama, kemudian pada saat guru menunjuk salah satu peserta didik untuk membaca peraga, secara tidak langsung guru melatih agar anak mempunyai sifat pemberani untuk membaca sendiri sementara guru dan murid yang lainnya mendengarkan dan mengoreksi bacaannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Qiroati, Baca Tulis, Al-Qur'an en_US
dc.title Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qu’ran di Madrasah Ibtidaiyah Negri 1 Kota Tanggerang Selatan. en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account