Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana peran guru tahfizh dalam meningkatkan
motivasi santri pada program menghafal Al-Qur‟an 30
juz. Adapun dasar pemikiran penulis mengangkat judul
tersebut dalam skripsi ini adalah mengingat begitu
pentingnya peran seorang guru dalam memberikan
motivasi terhadap peserta didiknya, baik dalam
pembelajaran ilmu Agama maupun ilmu umum lainnya.
Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan
penelitian mengenai peran guru tahfizh di Pondok
Pesantren Ulumul Qur‟an Putri Bojongsari Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun langkahlangkah
yang ditempuh saat penelitian yaitu dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam,
serta mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan
dengan objek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran
guru tahfizh dalam meningkatkan motivasi santri pada
program menghafal Al-Qur‟an 30 juz ialah dengan
menjadi; a) motivator, b) demonstrator, c) fasilitator, d)
pengelola kelas, e) evaluator, f) memberikan reward
kepada santri yang berhasil menghafal Al-Qur‟an 30 juz
dengan mengadakan acara Wisuda Tasyakuran serta
memberangkatkan santri Umrah ke Tanah Suci.
Dan indikasi keberhasilan guru tahfizh dalam
meningkatkan motivasi santri pada program menghafal
Al-Qur‟an 30 juz dapat dilihat dari banyaknya santri
yang telah diwisuda dan diberangkatkan Umrah ke
Tanah Suci yaitu bermula hanya 1 orang di tahun 2016,
sampai tahun ini bertambah menjadi 35 orang.