Abstract:
Latar Belakang masalah dari penelitian ini adalah
dengan siswa yang berjumlah 180 namun hanya 150 orang
yang mengikuti kegiatan Rohis, Rohis selalu identik dengan
tentang keagamaan sehingga peneliti ingin mengetahui apakah
siswa yang mengikuti kegiatan Rohis ini berprestasi untuk
tidak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
terdapat korelasi antara kegiatan rohis dengan prestasi belajar
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Muhammadiyah 2 Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas?
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik
pengumpulan data melalui kuesioner. Adapun teknik
pengolahan data penulis menggunakan korelasi product
moment. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP
Muhammadiyah 2 T ugumulyo. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 150 orang, karena populasi yang ada lebih dari 100
siswa, maka penelitian ini dinamakan penelitian dengan
menggunakan sampel 20% dari 150 orang, sehingga responden
yang diambil adalah 30 orang. Dalam kajian teori, penulis memaparkan berbagai macam pengertian dan keutamaan yang
berhubungan dengan Rohis dan Prestasi.
Setelah melakukan analisa data menggunakan hitungan
manual product moment maka menghasilkan r hitung lebih
besar daripada r tabel rh>rt pada signifikansi 5% yaitu 0,628 >
0,361 maupun pada signifikansi 1% yaitu 0,628 > 0,463.
Dengan demikian maka hubungan kegiatan Rohis dengan
prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
tergolong sangat kuat, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hubungan antara
kegiatan rohis dengan prestasi belajar pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam sangat kuat.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ada hubungan
positif antara kegiatan Rohis dengan prestasi belajar pada mata
Pendidikan Agama Islam. Sehingga dapata dikatakan semakin
siswa mengikuti kegiatan Rohis maka akan baik pula prestasi
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mereka miliki.