Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemajuan
IPTEK dalam bidang informasi serta inovasi-inovasi baru
didalam teknologi yang mempermudah kehidupan manusia,
serta kehidupan masyarakat yang semakin unggul, sehingga
meningkatnya kesadaran terhadap hak-hak asasi manusia serta
kewajiban dalam kehidupan bersama. Sehingga terjadi
penyalahgunaan pemanfaatan sumber daya. Kehidupan ini
sangat berpengaruh kepada kebiasaan dan sikap peserta didik
dalam bidang agama. Karena jika peserta didik tidak diarahkan
sesuai dengan ajaran Islam maka akan sangat mustahil peserta
didik dapat menyerap ilmu dengan baik yang didapat dalam
jenjang pendidikan sekolah yang akan diterapkan di kehidupan
sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
Konsep Pendidikan Tahfidz di Pondok Pesantren Binaul
Ummah Rawa Denok - Depok, pendidikan tahfidz seperti apa
yang ditanamkan oleh para guru serta mengetahui faktor apa
saja yang mempengaruhi Konsep Pendidikan Tahfidz di
Pondok Pesantrn Binaul Ummah Rawa Denok - Depok.
Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, dengan menguraikan
dan menggambarkan keadaan atau fakta yang berhubungan
dengan penelitian ini, yaitu tentang bagaimana proses
pendidikan Tahfidz yang diterapkan oleh Pondok Pesantren
Binaul Ummah Rawa Denok – Depok. Pendidikan Tahfidz
dapat didefinisikan dengan suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami dan
menghafal Al-Qur’an. Pendidikan Tahfidz dapat dijumpai di
berbagai lembaga-lembaga mulai dari tingkat rendah sampai
tingkat yang paling tinggi.
Pelaksanaan konsep pendidikan Tahfidz di Pondok
Pesantren Binaul Ummah ini berupaya menyelenggarakan
pendidikan Tahfidz yang bisa menjadi semangat terus untuk
mempelajari Al-Qur’an, salah satunya dengan menghafal.