Abstract:
Dewasa ini sering dijumpai pada Sekolah Lanjutan
Tingkat Pertama (SLTP) adanya siswa-siswi yang beragama
Islam namun belum bisa membaca Al-Qur’an. Ini merupakan
bagian dari tantangan bagi guru-guru bidang studi Pendidikan
Agama Islam bagaimana membimbing siswanya yang belum
bisa membaca Al-Qur’an dengan bimbingan yang maksimal
untuk mengajarkan bagaimana cara membaca Al-Qur’an. Oleh
karena itu dibutuhkan profesionalisme guru Pendidikan Agama
Islam dalam mengajar dan membimbing bagaimana cara
membaca Al-Qur’an yang baik dan benar.
Dalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan
metode kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner/
angket. Untuk lebih melengkapi pembuatan skripsi ini, peneliti
menggunakan sumber literatur buku yakni sumber buku, dan
hasil wawancara. Teknik analisa data hasil penelitian
menggunakan analisis korelasioner dengan teknik korelasi
rumus Product Moment.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti
dapat simpulkan bahwa hasil analisis data penelitian
menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,4572 dengan r tabel
masing-masing sebesar 0,349 taraf signifikan 5% dan 0,449
taraf 1% dari perolehan df sebesar 30. Maka dengan demikian
ro lebih besar dari r tabel baik pada taraf 5% atau 1%, maka
berdasarkan data yang ada, maka Hipotesis alternative (Ha)
yang menyatakan ada hubungan yang signifikan antara Profesionalisme Guru PAI Dengan Prestasi Baca Al-Qur’an
Siswa Kelas IX SMP Islamiyah Ciputat diterima dan,
sedangkan Hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Dengan demikian terdapat korelasi yang signifikan
antara Profesionalisme Guru PAI Dengan Prestasi Belajar Baca
Al-Qur’an Siswa Kelas IX SMP Islamiyah Ciputat. Namun,
berdasarkan interpretasi sederhana dengan memperhatikan
besarnya rxy (0,4572) korelasi antara profesionalisme guru PAI
dengan prestasi baca Al-Qur’an siswa pada tingkat sedang atau
cukup.