dc.description.abstract |
Athaya Rahmah, NIM: 13311269, Judul “Hubungan
Antara Motivasi Orangtua dengan Prestasi Belajar PAI siswa
Kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta Timur Tahun 2017/2018”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.
Skripsi ini meneliti tentang hubungan antara motivasi
orang tua dengan prestasi belajar siswa. Adapun rumusan
masalah penelitian ini ialah apakah ada hubungan dan sejauh
mana hubungan antara motivasi orang tua dengan prestasi
belajar Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara motivasi orang tua dengan
prestasi belajar Agama Islam.
Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis
korelasional. Dalam teknik pengambilan sampel penulis
menggunakan teknik random sampling dengan penentuan
sampel sebanyak 140 dan populasi yang berjumlah 215.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket,
dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data hasil
penelitian menggunakan analisis korelasional dengan teknik
korelasi rumus Product Moment.
Hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS, didapat
harga koefisien Product Moment (R) sebesar 0,546. Hal ini
menunjukkan ditolaknya H0 (tidak ada hubungan antara X dan
Y). Karena H0 ditolak berarti H1 diterima yaitu ada hubungan
antara X dan Y. Adapun korelasi sebesar 0,546 menunjukkan
hubungan yang cukup kuat antara pemberian motivasi orang
tua dan prestasi belajar PAI.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa
semakin tinggi motivasi yang diberikan orangtua siswa akan
semakin tinggi pula prestasi belajar PAInya. Hal ini berarti pula
bahwa peningkatan motivasi orangtua selalu diikuti dengan peningkatan prestasi belajar PAI, atau penurunan motivasi
orangtua selalu diikuti dengan penurunan prestasi belajar PAI.
Dari hasil R2 (R Squared) yang diperoleh sebesar 0,298 dapat
ditunjukkan pula bahwa motivasi orangtua ikut menentukan
prestasi belajar PAI siswa. Dengan demikian, motivasi
orangtua yang relatif rendah ikut mempengaruhi kesulitan
belajar PAI. Semakin banyak kesulitan belajar yang dialami
siswa, semakin rendah pula prestasi belajar PAInya. Saran yang
dapat diberikan ialah guna meningkatkan prestasi belajar anak
diperlukan motivasi orang tua dalam memperhatikan kebutuhan
belajar siswa. |
en_US |