DSpace Repository

Hubungan Antara Motivasi Orangtua dengan Prestasi Belajar PAI siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta Timur Tahun 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ali Mursyid
dc.contributor.author Athaya Rahmah, 13311269
dc.date.accessioned 2020-02-28T06:27:30Z
dc.date.available 2020-02-28T06:27:30Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/543
dc.description.abstract Athaya Rahmah, NIM: 13311269, Judul “Hubungan Antara Motivasi Orangtua dengan Prestasi Belajar PAI siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta Timur Tahun 2017/2018”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Skripsi ini meneliti tentang hubungan antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah apakah ada hubungan dan sejauh mana hubungan antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar Agama Islam. Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Dalam teknik pengambilan sampel penulis menggunakan teknik random sampling dengan penentuan sampel sebanyak 140 dan populasi yang berjumlah 215. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus Product Moment. Hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS, didapat harga koefisien Product Moment (R) sebesar 0,546. Hal ini menunjukkan ditolaknya H0 (tidak ada hubungan antara X dan Y). Karena H0 ditolak berarti H1 diterima yaitu ada hubungan antara X dan Y. Adapun korelasi sebesar 0,546 menunjukkan hubungan yang cukup kuat antara pemberian motivasi orang tua dan prestasi belajar PAI. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi yang diberikan orangtua siswa akan semakin tinggi pula prestasi belajar PAInya. Hal ini berarti pula bahwa peningkatan motivasi orangtua selalu diikuti dengan peningkatan prestasi belajar PAI, atau penurunan motivasi orangtua selalu diikuti dengan penurunan prestasi belajar PAI. Dari hasil R2 (R Squared) yang diperoleh sebesar 0,298 dapat ditunjukkan pula bahwa motivasi orangtua ikut menentukan prestasi belajar PAI siswa. Dengan demikian, motivasi orangtua yang relatif rendah ikut mempengaruhi kesulitan belajar PAI. Semakin banyak kesulitan belajar yang dialami siswa, semakin rendah pula prestasi belajar PAInya. Saran yang dapat diberikan ialah guna meningkatkan prestasi belajar anak diperlukan motivasi orang tua dalam memperhatikan kebutuhan belajar siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Motivasi, Orang Tua, Prestasi, Belajar en_US
dc.title Hubungan Antara Motivasi Orangtua dengan Prestasi Belajar PAI siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta Timur Tahun 2017/2018 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account