Abstract:
belakang penelitian ini adalah adanya pembelajaran
public speaking yang dilakukan bagi guru, yang disesuaikan
dengan era pada saat ini yaitu era konseptual. melihat dari
profesionalitas guru yang semakin dibutuhkan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: Peranan pembelajaran public
speaking dalam meningkatkan profesionalitas guru di Kahfi
BBC Motivator School. Penelitian ini menggunakan metode
pendekatan penelitian lapangan (field research) dan bukan
penelitian pustaka (library research). Pendekatan dalam
penelitian ini menggunakan penelitian kombinasi (mixed
methods) antara metode kualitatif dengan kuantitatif juga
dengan menggunakan metode deskriptif analisis, dalam
menganalisis data penulis menggunakan data statistik dan non
statistik. Untuk data yang bersifat kualitatif atau non statistik. Metode kualitatif didapatkan data observasi dan wawancara
yang ana hasilnya akan dituangkan ke dalam tulisan yang
berupa data non statiskik. Sedangkan teknik analisis untuk data
statistik sebagai data kuantitatif peneliti menggunakan teknik
analisis presentatif (statistik sederhana, peneliti menggunakan
teknik yang digunakan untuk mengukur berapa besar
kontribusi yang diberikan oleh Kahfi BBC Motivator School
dengan pembelajaran public speaking dalam meningkatkan
profesionalitas guru. Pertanyaan utama dalam penelitian ini
adalah: bagaimana peranan pembelajaran public speaking era
konseptual dalam meningkatkan profesionalitas guru di Kahfi
BBC Motivator School.
Dari penelitian ini, setelah data berhasil dikumpulkan,
maka dapat disimpulkan bahwaperanan Pembelajaran Public
Speaking Era Konseptual dalam meningkatkan Profesionalitas
Guru (Studi Kasus di Kahfi BBC Motivator School)
menunjukan hasil yang signifikan, hal ini dibuktikan pada bab
IV tabel 4.5 bahwa 90% materi yang disampaikan berpengaruh
pada kehidupan sehari-hari para mahasiswa Kahfi BBC
Motivator School dan hanya 10% yang menyatakan bahwa
materi yang disampaikan kadang berpengaruh pada kehidupan
sehari-hari. Hal ini dapat dilihat ketika para mahasiswa menunjukan hal positif seperti terlihat dalam hasil angket yang
diberikan kepada mahasiswa kahfi yang berprofesi guru.
Berdasarkan perhitungkan yang telah dilakukan di atas
maka diperoleh hasil rxy sebesar 0,460 hal ini membuktikan
adanya pengaruh yang signifikan antara Variabe X dan
Variabel Y. Besarnya rxy yang didapatkan yaitu 0,460 ternyata
terletak antara 0,40- 0,70 berdasarkan pedoman yang terdapat
pada tabel 3 menyatakan bahwa hubungan antara variabel X
dan variabel Y merupakan korelasi yang tergolong sedang dan
cukupan.