Abstract:
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yaitu
penelitian yang berisi angka-angka dan analisis data
menggunakan statistik. Adapun metode dari penelitian ini
adalah jenis penelitian yang bersifat korelasi (research
corelation) yaitu mencari antara dua variabel. Penelitian ini
melibatkan dua macam variabel yaitu variabel X dan variabel
Y, yang termasuk variabel X (nilai-nilai kedisiplinan) dan
variabel Y (minat belajar siswa). Datanya diperoleh dari hasil
observasi, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam
penelitian ini adalah 128 dari seluruh siswa kelas V SDIT Al-
Azkar. Teknik pengambilan sampel menggunakan (Random
Sampling). Peneliti mengambil 50% dari jumlah populasi 128
siswa, maka sampelnya berjumlah 64 dari jumlah populasi.
Serta untuk menganalisis tingkat korelasi antara dua variabel
(variabel X dan Y), peneliti menggunakan rumus korelasi “r”
Product Moment.
Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai
korelasi sebesar 0,455 dengan rtabel masing-masing sebesar
0,250 pada taraf signifikan 5% dan 0,325 pada taraf signifikan 1% dari perolehan df sebesar 62. Maka dengan demikian rxy
atau rhitung lebih besar dari pada rtabel baik pada taraf signifikan
5% atau 1%, maka berdasarkan data yang ada, Hipotesis
Alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa ada korelasi positif
antara aplikasi nilai-nilai kedisiplinan dalam meningkatkan
minat belajar siswa diterima atau disetujui sedangkan Hipotesis
Nihil (Ho) ditolak.
Dengan demikian, terdapat pengaruh positif yang antara
aplikasi nilai-nilai kedisiplinan dalam meningkatkan minat
belajar siswa kelas V SDIT Al-Azkar Pamulang, Tangerang
Selatan, Banten. Namun dilihat dari angka indeks korelasi
sebesar 0,455 yang berada di antara 0,40-0,70 maka
korelasinya terdapat korelasi yang sedang atau cukup.