DSpace Repository

Penerapan Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Putri Al-Kenaniyah Pulo Nangka Jakarta Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Rosihatul Khoiriyah, 13311293
dc.date.accessioned 2020-02-28T07:11:14Z
dc.date.available 2020-02-28T07:11:14Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/557
dc.description.abstract Metode Yanbu’a merupakan panduan Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur’an yang pada umumnya penulisannya menggunakan Rasm Utsmaniy. Pondok Pesantren Putri Al-Kenaniyah Pulo Nangka Jakarta Timur telah menggunakan Metode Yanbu’a untuk membaguskan bacaan makhraj dan sifatnya dalam membaca Al-Qur’an. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui penerapan Metode Yanbu’a dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Dari kajian teoritis, penulis memaparkan sejarah penyusunan, pengertianm karakteristik, serta kekurangan dan kelebihan seputar Metode Yanbu’a. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan tes lisan bacaan Al-Qur’an. Adapun teknik analisis data penulis melalui triangulasi data. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis, dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, tes lisan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 25 santri tingkat Aliyah, dimana 25 santri ini yang sudah menguasai yanbu’a dari jilid 1-7, sehingga mereka mampu menerapkan Ilmu Tajwid dengan benar ketika membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Al-Kenaniyah dengan diiringi pembelajaran metode Yanbu’a hasilnya cukup baik.Di mana perolehan nilai rata-rata hasil tes kemampuan Tajwid ketika membaca Al-Qur’an dengan skor 61-70 (rendah) Tajwid 8%, Kelancaran 8%, dan Fashahah 8%. skor 71-80 (sedang) mencapai nilai tajwid 16%, kelancaran 32%, dan Fashahah 24%. Skor 81-90 (tinggi) dengan nilai tajwid 76%, kelancaran 60%, dan Fashahah 68%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Yanbu’a, Pembelajaran, Ilmu Tajwid en_US
dc.title Penerapan Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Putri Al-Kenaniyah Pulo Nangka Jakarta Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account