dc.contributor.advisor |
Akhmad Shodiq |
|
dc.contributor.author |
Syafiatul Ummah, 13311296 |
|
dc.date.accessioned |
2020-02-28T07:16:32Z |
|
dc.date.available |
2020-02-28T07:16:32Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/559 |
|
dc.description.abstract |
Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat islam. Namun
bagaimana seorang umat bisa mengamalkan ajaran yang ada di
dalam Al-Qur’an jika tidak bisa membacanya. Oleh karena itu,
kemampuan membaca Al-Qur’an sangat penting dan harus
dimiliki oleh setiap umat Islam.
Dalam hal ini sekolah mengambil peranannya yaitu
dengan mengajarkan membaca Al-Qur’an secara fasih kepada
para siswa-siswi. Untuk memudahkan proses belajar mengajar
membaca Al-Qur’an maka dibutuhkan sebuah metode,
gunanya yaitu agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat
efektif sehingga tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran
Al-Qur’an dapat tercapai.
Dalam hal ini metode Qiraati yang digunakan dalam
praktek membaca Al-Qur’an. Metode Qiraati dianggap mudah
dan tepat untuk digunakan dalam pembelajaran karena dalam
metode ini terdapat beberapa prinsip yang dapat diaplikasikan
dalam pembelajaran Al-Qur’an yang memudahkan para siswa
untuk mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah
tajwid.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas
pembelajaran metode Qiraati dalam meningkatkan kualitas
kefasihan membaca AL-Qur’an pada siswa kelas VIII di Mts
Al-Nahdlal Islamic Boarding School. Penelitian ini
dilaksanankan di Mts Al-Nahdlah Islamic Boarding School.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif dan teknik yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah teknik observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan terhadap responden yang terdiri
dari siswa kelas VIII. Data penelitian efektivitas pembelajaran
metode Qiraati dalam meningkatkan kualitas kefasihan
membaca Al-Qur’an yang diperoleh dengan menggunakan alat
ukur berupa angket yang terdiri dari 20 item pertanyaan.
Setelah diperoleh hasil angket tentang efektivitas pembelajaran
metode Qiraati dalam meningkatkna kualitas kefasihan
membaca Al-Qur’an di Mts Al-Nahdlal Islamic Boarding
School, lalu penulis menghitung kedua variabel tersebut
dengan menggunakan rumus product moment. Hal ini untuk
mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut.
Setelah penelitian dilakukan maka nilai rxy adalah 0,457,
dari perhitungan tersebut ternyata angka korelasi antara
variabel X dan Y tidak bertanda negatif yang mana tabel
interpretasi indeks korelasi product moment menunjukkan
bahwa 0,475 berada diantara 0,40-0,70 yang berarti bahwa
variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
en_US |
dc.subject |
Efektivitas, Metode Qiraati, Kualitas, Kefasihan, Al-Qur'an |
en_US |
dc.title |
Efektivitas Pembelajaran Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Membaca Al-Qur’an |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |