DSpace Repository

Efektivitas Pembelajaran Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Membaca Al-Qur’an

Show simple item record

dc.contributor.advisor Akhmad Shodiq
dc.contributor.author Syafiatul Ummah, 13311296
dc.date.accessioned 2020-02-28T07:16:32Z
dc.date.available 2020-02-28T07:16:32Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/559
dc.description.abstract Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat islam. Namun bagaimana seorang umat bisa mengamalkan ajaran yang ada di dalam Al-Qur’an jika tidak bisa membacanya. Oleh karena itu, kemampuan membaca Al-Qur’an sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap umat Islam. Dalam hal ini sekolah mengambil peranannya yaitu dengan mengajarkan membaca Al-Qur’an secara fasih kepada para siswa-siswi. Untuk memudahkan proses belajar mengajar membaca Al-Qur’an maka dibutuhkan sebuah metode, gunanya yaitu agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat efektif sehingga tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an dapat tercapai. Dalam hal ini metode Qiraati yang digunakan dalam praktek membaca Al-Qur’an. Metode Qiraati dianggap mudah dan tepat untuk digunakan dalam pembelajaran karena dalam metode ini terdapat beberapa prinsip yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran Al-Qur’an yang memudahkan para siswa untuk mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas pembelajaran metode Qiraati dalam meningkatkan kualitas kefasihan membaca AL-Qur’an pada siswa kelas VIII di Mts Al-Nahdlal Islamic Boarding School. Penelitian ini dilaksanankan di Mts Al-Nahdlah Islamic Boarding School. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dan teknik yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap responden yang terdiri dari siswa kelas VIII. Data penelitian efektivitas pembelajaran metode Qiraati dalam meningkatkan kualitas kefasihan membaca Al-Qur’an yang diperoleh dengan menggunakan alat ukur berupa angket yang terdiri dari 20 item pertanyaan. Setelah diperoleh hasil angket tentang efektivitas pembelajaran metode Qiraati dalam meningkatkna kualitas kefasihan membaca Al-Qur’an di Mts Al-Nahdlal Islamic Boarding School, lalu penulis menghitung kedua variabel tersebut dengan menggunakan rumus product moment. Hal ini untuk mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Setelah penelitian dilakukan maka nilai rxy adalah 0,457, dari perhitungan tersebut ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif yang mana tabel interpretasi indeks korelasi product moment menunjukkan bahwa 0,475 berada diantara 0,40-0,70 yang berarti bahwa variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Efektivitas, Metode Qiraati, Kualitas, Kefasihan, Al-Qur'an en_US
dc.title Efektivitas Pembelajaran Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account