Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana peran KKG dalam meningkatan
profesionalisme guru PAI SD di Kecamatan
Karangsambung Kota Kebumen Jawa Tengah. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative
research) yakni penelitian yang ditujukan untuk
memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut atau
perspektif partisipan. Selanjutnya jenis penelitian yang
digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu deskriptif
intensif dan analisis fenomena tertentu atau satuan sosial
seperti individu, kelompok, institusi atau masyarakat dan
merupakan penyelidikan secara rinci, yang difokuskan
pada satu fenomena saja untuk dipahami secara
mendalam.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran KKG
dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI SD di
Kecamatan Karangsambung cukup baik, hal ini dapat
dilihat dari peran yang dilakukan KKG di Kecamatan
Karangsambung antara lain: Membahas dan memilih
metode PAI yang efektif dan efisien, Pembahasan tentang
pendalaman dan pengembangan materi PAI, Menentukan
dan menetapkan cara-cara evaluasi PAI, Pelatihan dan
penyusunan pengembangan silabus dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Menyusun kisi-kisi soal
ujian dan semester, Mengadakan lomba Mapel PAI dan
Seni (MAPSI), Mengadakan studi banding, Mengikuti
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan
organisasi KKG PAI SD di Kecamatan Karangsambung
mendapat dukungan dan bantuan dari semua elemen
masyarakat sehingga peran KKG PAI ini dapat berjalan
baik dan lancar.