Abstract:
Kesusastraan di dalam novel merupakan suatu cara mengungkap ide-ide,
gagasan, pemikiran dengan gambaran pengalaman. Dengan demikian karya
sastra (novel) berusaha untuk menggugah kesadaran manusia, serta
memberikan pengalaman imajinatif bagi pembacanya. Sastra tidaklah
sesempit yang dibayangkan, namun sastra memiliki muatan pesan yang sarat
akan nilai-nilai yang bisa dijadikan media untuk transformasi nilai-nilai
tersebut. Dan salah satunya adalah aspek pendidikan agama. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: Nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang
terkandung dalam novel Kalam-Kalam Langit, karya Pipiet Senja dan
mengetahui adanya relevansi konten cerita novel Kalam-Kalam Langit degan
mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif melalui kajian kepustakaan (library research). Metode yang
digunakan adalah metode analisis isi (content analysis). Analisis isi
dilakukan peneliti terhadap informasi, yang didokumentasikan dalam tulisan
karya sesorang, kemudian dilakukan interpretasi secara deskriptif yaitu
dengan memberikan gambaran dan penafsiran serta uraian tentang data yang
telah terkumpul. Adapun nilai-nilai pendidikan agama Islam yang
terkandung dalam Novel Kalam-Kalam Langit yang harus ditanamkan
sebagai pondasi hidup yang sesuai dengan arah perkembangan jiwa, yang
mencakup nilai tauhid/aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak, dan
kemasyarakatan. Kedua, dengan merujuk cerita/isi novel ini, maka dapat
diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam
novel Kalam-Kalam Langit karya Pipiet Senja mempunyai hubungan dengan
kepribadian mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur‟an Jakarta.