dc.description.abstract |
SMP Islam Al Syukro merupakan sekolah Islam yang menerapkan sistem full
day school dan mempunyai halaman yang luas serta asri maka sangat pas jika
sekolah tersebut juga menerapkan sistem sekolah berbasis karakter dan
lingkungan hidup. Namun proses penerapan sistem sekolah berbasis karakter
dan lingkungan hidup masih terdapat berbagai kendala diantaranya belum
efektifnya penerapan sekolah berbasis karakter dan lingkungan hidup. Selain
itu, program-program yang menunjang terwujudnya sekolah Islam berbasis
karakter dan lingkungan hidup belum berjalan secara maksimal. Kemudian
karakter yang dimiliki setiap peserta didik masih terbilang cukup rendah,
seperti: Rendahnya tingkat kepercayaan dalam diri siswa, dan sikap
kemandirian siswa yang masih perlu banyak bimbingan. Dalam pendidikan
lingkungan hidup kendala yang dialami yaitu kurangnya kesadaran yang
dimiliki setiap siswa dalam menjaga lingkungan, hal tersebut bisa dilihat dari
kebiasaan siswa yang masih membuang sampah sembarangan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah
dalam mewujudkan sekolah Islam berbasis karakter dan lingkungan hidup.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif
analisis. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitiannya dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah,
satu guru dan satu murid.
Berdasarkan hasil penelitian, kepala sekolah SMP Islam Al-Syukro Ciputat
telah melakukan tugasnya dengan baik sebagai kepala sekolah. Adapun peran
kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah Islam berbasis karakter dan
lingkungan hidup yaitu dengan membuat konsep suatu program, memberikan
bimbingan dan keteladanan kepada guru dan murid, serta mengawasi
kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya sekolah Islam berbasis
karakter dan lingkungan hidup agar berjalan dengan baik. |
en_US |