DSpace Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai Pengembang Kurikulum dalam Meningkatkan Pengetahuan Keberagamaan Siswa, (Studi Kasus di SMA Negeri 70 Jakarta)”,

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yayah Nurmaliyah
dc.contributor.author Anggia Mayang Chassinatur Ramadhani, 14311312
dc.date.accessioned 2020-03-02T04:19:06Z
dc.date.available 2020-03-02T04:19:06Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/572
dc.description.abstract Perkembangan tekhnologi, fisik, psikis dan sikap dalam beragama berhubungan erat dengan kepercayaan kepada Allah yang telah ditanamkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat, yang diwujudkan dalam pengalaman ajaran agama serta penghayatan terhadap nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Guru di sekolah bertanggungjawab dalam pengembangan seluruh potensi siswa. Islam pun memerintahkan bahwa guru tidaklah hanya mengajar, tetapi juga mendidik. Dalam hal ini, terutama guru PAI harus memberikan contoh dan menjadi teladan bagi murid-muridnya sehingga dapat menanamkan rasa keimanan dan akhlak sesuai dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI sebagai pengembang kurikulum serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam meningkatkan ketaatan beragama siswa di SMA Negeri 70 Jakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif analisis. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitiannya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan tiga guru PAI dan 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, guru PAI SMA Negeri 70 Jakarta telah melakukan tugasnya dengan baik sebagai seorang guru dan pelaksana kurikulum serta memberikan motivasi kepada peserta didik. Guru PAI juga memberikan arahan dan masukan tentang materi yang diajarkan secara menarik dan inovatif, mengupayakan peserta didik agar selalu dekat dengan Allah Swt dengan mengarahkan siswa untuk mengikuti kegiatan agama di sekolah dan menambah pengetahuan serta pengalamannya seperti kegiatan Rohani Islam (Rohis), mengaji pagi di dalam kelas, kegiatan keputrian, mentoring baca Al-Qur’an, acara Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit), kegiatan Pesantren Kilat pada bulan Ramadhan. Dengan kegiatan tersebut diharapkan meningkatkan keataan beragama bagi siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran, Guru, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai Pengembang Kurikulum dalam Meningkatkan Pengetahuan Keberagamaan Siswa, (Studi Kasus di SMA Negeri 70 Jakarta)”, en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account