Abstract:
Melihat struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting.
Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan
tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Dengan kata lain, hanya
akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa
menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu,
Pendidikan Agama Islam diorientasikan pada pembentukan akhlak yang
mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta. Hal tersebut
selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan
kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain
itu, peseta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan
wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta
semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi
kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP
Al-Fath BSD?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebutdigunakan metode
penelitian kualitatif yang bersifatdeskriptif analisis. Dari hasil penelitia dapat
diperoleh kesimpulan bahwa implementasi kurikulum 2013 bahwa SMP Al-
Fath BSD telah menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) berjalan dengan baik