DSpace Repository

Strategi Menghafal Al-Qur`an dalam Meningkatkan Prestasi Tahfizh di Pondok Pesantren Sunanul Husna I Ciputat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Arifah Zikra, 14311318
dc.date.accessioned 2020-03-02T04:47:20Z
dc.date.available 2020-03-02T04:47:20Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/576
dc.description.abstract Memelihara kalâmullah (Al-Qur`an) serta menjaganya adalah kewajiban umat Islam. Pada tahap memelihara Al-Qur`an dibutuhkan penerapan strategi dan metode yang sesuai dan sebagai salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam menghafal Al-Qur`an serta meningkatkan prestasi tahfizh. “Bagaimana Strategi Menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan Prestasi Tahfizh di Pondok Pesantren Sunanul Husna I Ciputat?” Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Mewawancarai Santri dan Guru Tahfizh. Dari hasil data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa strategi menghafal Al-Qur`an dengan menerapkan metode ziyâdah, tasmi`, muraja`ah dan melafalkan hafalan sebanyak 1 juz ketika bertugas menjadi imam shalat tahajjud. Dari hasil data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa strategi menghafal Al-Qur`an dengan menerapkan metode ziyâdah, tasmi`, muraja`ah dan melafalkan hafalan sebanyak 1 juz ketika bertugas menjadi imam shalat tahajjud berdampak positif dalam pencapaian prestasi menghafal di Pondok Pesantren Sunanul Husna I Ciputat. Selain itu, faktor pendukung agar tidak terhambatnya proses menghafal ini dibutuhkan staf pengajar tahfizh yang telah berpengalaman, serta peran pengasuh dan wali santri itu sendiri en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi, Al-Qur`an, Prestasi, Tahfizh en_US
dc.title Strategi Menghafal Al-Qur`an dalam Meningkatkan Prestasi Tahfizh di Pondok Pesantren Sunanul Husna I Ciputat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account