dc.contributor.advisor |
Romlah Widayati |
|
dc.contributor.author |
Arifah Zikra, 14311318 |
|
dc.date.accessioned |
2020-03-02T04:47:20Z |
|
dc.date.available |
2020-03-02T04:47:20Z |
|
dc.date.issued |
2018 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/576 |
|
dc.description.abstract |
Memelihara kalâmullah (Al-Qur`an) serta menjaganya adalah kewajiban
umat Islam. Pada tahap memelihara Al-Qur`an dibutuhkan penerapan
strategi dan metode yang sesuai dan sebagai salah satu faktor yang
menentukan keberhasilan dalam menghafal Al-Qur`an serta meningkatkan
prestasi tahfizh. “Bagaimana Strategi Menghafal Al-Qur’an dalam
meningkatkan Prestasi Tahfizh di Pondok Pesantren Sunanul Husna I
Ciputat?” Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Mewawancarai Santri dan Guru Tahfizh.
Dari hasil data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa strategi
menghafal Al-Qur`an dengan menerapkan metode ziyâdah, tasmi`,
muraja`ah dan melafalkan hafalan sebanyak 1 juz ketika bertugas menjadi
imam shalat tahajjud. Dari hasil data yang terkumpul dapat disimpulkan
bahwa strategi menghafal Al-Qur`an dengan menerapkan metode ziyâdah,
tasmi`, muraja`ah dan melafalkan hafalan sebanyak 1 juz ketika bertugas
menjadi imam shalat tahajjud berdampak positif dalam pencapaian prestasi
menghafal di Pondok Pesantren Sunanul Husna I Ciputat. Selain itu, faktor
pendukung agar tidak terhambatnya proses menghafal ini dibutuhkan staf
pengajar tahfizh yang telah berpengalaman, serta peran pengasuh dan wali
santri itu sendiri |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
en_US |
dc.subject |
Strategi, Al-Qur`an, Prestasi, Tahfizh |
en_US |
dc.title |
Strategi Menghafal Al-Qur`an dalam Meningkatkan Prestasi Tahfizh di Pondok Pesantren Sunanul Husna I Ciputat |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |