DSpace Repository

Peran Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Membentuk Kesehatan Mental Anak Studi Kasus di Pondok Pesantren Daarul Rahman 3 Sawangan, Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Artani Hasbi
dc.contributor.author Azkia Nurul Rahmah, 14311322
dc.date.accessioned 2020-03-03T03:37:58Z
dc.date.available 2020-03-03T03:37:58Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/579
dc.description.abstract Pondok pesantren modern adalah sebuah lembaga yang memiliki sistem yang unik, tidak hanya unik dalam pola pembelajarannya, tetapi juga unik dalam pandangan hidup dan tata nilai yang dianut serta segala aspek-aspek kependidikan dan social life lainnya. Pendidikan di dunia pesantren memiliki kelebihan dalam mendidik mental dan kemandirian peserta didik atau santrinya. Sebelumnya penulis mengetahui bahwa pondok pesantren Daarul Rahman 3 Sawangan, Depok telah menerapkan sistem modern dalam membina serta membentuk mental para santrinya. Dalam hal ini penulis merumuskan masalah Bagaimana Peran Pondok Pesantren Darul Rahman 3 terhadap Pembentukan Kesehatan Mental Para Santri Khususnya siswa SMP di Pondok Pesantren Darul Rahman 3 Sawangan, Depok. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian lapangan (Field Reseach). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran sistem pendidikan pondok pesantren telah memberikan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari penerapan kegiatan- kegiatan pesantren yang menunjang pembentukan kesehatan mental santri. Sistem- sistem pendidikan pesantren yang diterapkan sebagai berikut: penerapan sistem asrama (boarding school), yang berpengaruh terhadap pembentukan kemandirian santri dan menunjang kesehatan mental santri, penerapan sistem organisasi kepengurusan yang berpengaruh pada kedispilan para santri , penerapan sistem kelompok (club atau komunitas) yang pada hakikatnya berperan meningkatkan kerjasama para santri, dan penerapan sistem dua bahasa (bilingual) yang berperan dalam peningkatan kecakapan berbahasa para santri dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan, Pondok Pesantren, Kesehatan, Mental en_US
dc.title Peran Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Membentuk Kesehatan Mental Anak Studi Kasus di Pondok Pesantren Daarul Rahman 3 Sawangan, Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account