Abstract:
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan
berbasis islam dalam membentuk pemimpin masa depan berkarakterdi MI
Mumtaza Islamic School Pondok Cabedan apa saja yang dilaksanakan untuk
tercapainya pembentukan pemimpin masa depan berkarakter. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian korelasi yaitu
penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitiannya
dengan observasi, angket dan dokumentasi.. Penyebaran angket dalam
penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 144 orang dari jumlah kelas V
dan VI MI Mumtaza Islamic School, maka penulis mengambil 30% dari
jumlah keseluruhan populasi sebesar 44 orang untuk sampel. Adapun
pengambilan sampeldengan menggunakan teknik Random Sampling. Hasil
dari penyebaran angket dengan rumus korelasi product moment, maka
diketahui hasil rxy adalah 0,823.Berdasarkan hasil rxy sebesar 0.823 dengan
interpretasi data menggunakan tabel “r” pada taraf sigmifikan 5% diperoleh “r”
tabel (0,823>0,304) dan pada taraf 1% diperoleh “r” tabel (0,823>0,393).
Karena rxy lebih besar dari pada “r” tabel, maka hipotesa nihil ditolak dan
hipotesa alternatif diterima. Jadi, terdapat korelasi yang signifikan antara
variabel X (peran pendidikan berbasis Islam) dan variabel Y (pemimpin masa
depan berkarakter).Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan
terdapat ada hubungan yang signifikan antara pendidikan berbasis Islam
terhadap pembentukan pemimpin masa depan berkarakter di MI Mumtaza
Islamic School Pondok Cabe