Abstract:
Layanan bimbingan dan konseling pada dasarnya membantu dan menyokong
tercapainya tujuan pendidikan nasional, yaitu mewujudkan individu yang
utuh, yang mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki secara optimal untuk
mengatasi permasalahan yang dihadapi. Dengan demikian tercipta manusia
Indonesia yang memiliki ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan
memiliki akhlak yang baik (akhlakul karimah). Layanan bimbingan dan
konseling di SMP Dua Mei Ciputat dilaksanakan supaya siswa-siswinya
dapat merencanakan kegiatan penyelesaian studi, mengembangkan seluruh
potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin, menyesuaikan
diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat, mengatasi
hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi. Berdasarkan uraian
tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah: Apakah layanan
bimbingan dan konseling berfungsi secara efektif dalam melakukan
pembinaan akhlakul karimah pada siswa di SMP Dua Mei Ciputat? Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: (1) keefektivitasan layanan bimbingan dan konseling di
SMP Dua Mei termasuk dalam kategori yang baik, dikarenakan lebih banyak
siswa yang tidak melanggar peraturan sekolah. (2) Faktor pendukung dari
efektivitas layanan bimbingan dan konseling di SMP Dua Mei adalah guru
BK yang selalu mengaawasi dan mengontrol siswa-siswinya setiap hari serta
ketersediaan sarana dan prasarana penunjang layanan bimbingan konseling
berupa ruangan khusus bimbingan dan konseling. (3) Faktor penghambat dari
efektivitas layanan bimbingan dan konseling adalah kurangnya kerja sama
antara orang tua murid dan pihak sekolah SMP Dua Mei yang terlibat dalam
kegiatan bimbingan dan konseling.