Abstract:
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca Al-Qur’an di
antaranya adalah adab ketika membaca Al-Qur’an dan kaidah ilmu tajwid
dalam membacanya. Akan tetapi masih ditemukan dikalangan anak-anak
maupun orang dewasa yang belum bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan
hukum tajwid. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukannya pembelajaran
tahsin. Pembelajaran tahsin ialah untuk membaguskan bacaan Al-Qur’an.
Diantara lembaga-lembaga yang memberikan perhatian khusus kepada
program pendidikan Al-Qur’an yang memfokuskan diri pada tahsin Al-
Qur’an ialah Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Jakarta. Pembelajaran tahsin di
MTs Istiqlal Jakarta diawasi oleh beberapa orang guru yang memiliki latar
belakang pendidikan tahsin Al-Qur’an dan merupakan seorang hafizh Al-
Qur’an. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana
implementasi pembelajaran tahsin dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Istiqlal
Jakarta? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode
penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. dari hasil penelitian
diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran tahsin Al-Qur’an di
MTs Istiqlal Jakarta dikatakan berhasil karena pembelajaran tahsin dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan
kaidah ilmu tajwid.