dc.description.abstract |
Pondok pesantren An-Nawawi Al-Bantani Bogor merupakan
pesantren yang terdiri dari jenjang SMP IT dan SMA IT yang bersifat
modern dan baru berdiri sejak tahun 2014. Meskipun bersifat modern, namun
pesantren tersebut memiliki program tahfizh yang harus dicapai para
santrinya. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa
waktu menghafal bagi para santri sekitar 45 menit dari hari Senin sampai
Sabtu, sedangkan hari Minggu diperuntukkan sebagai waktu penyetoran
hafalan santri. Adapun setiap satu pembimbing tahfizh bertanggung jawab
terhadap 15 orang santri. Sedangkan target hafalan yang diwajibkan terhadap
santri adalah 1 juz setiap sebelum kenaikan kelas, sehingga diharapkan
selama menempuh pendidikan SMP dan SMA di SMP-SMA IT An-Nawawi
Al-Bantani santri telah memiliki hafalan minimal 6 juz. Jika target tersebut
tidak terpenuhi, maka santri diberi waktu selama masa pengabdian (yakni 1
tahun setelah lulus SMA) untuk menyelesaikan targetnya sambil
diberdayakan sebagai tenaga pengajar di pesantren. Sebab apabila target
tidak terpenuhi, maka santri yang bersangkutan hanya mendapatkan ijazah
sekolah yakni SMP dan SMA namun tidak mendapatkan ijazah
diniyah/pesantren. Pemanfaatan waktu yang baik dapat menjadi salah satu
faktor kesuksesan seorang santri, salah satunya adalah ketersediaan waktu
yang optimal dalam mendukung kegiatan menghafal Al-Qur‟an. Sebab
secara umum, rutinitas di lingkungan pondok pesantren diketahui cukup
padat. Sehingga menuntut para santri untuk mampu mengatur waktunya agar
seluruh kewajibannya dapat terlaksana dengan baik.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah penulis jelaskan di
atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah konsep manajemen waktu di pesantren dalam
mendukung prestasi hafalan Al-Qur‟an bagi siswa kelas VIII SMP IT An-
Nawawi Al-Bantani?
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk
mengetahui pengelolaan waktu yang diterapkan siswa kelas VIII SMP IT
An-Nawawi Al-Bantani, untuk mengetahui pencapaian prestasi hafalan Al-
Qur‟an siswa kelas VIII SMP IT An-Nawawi Al-Bantani, dan untuk
mengetahui kiat-kiat para pembimbing tahfizh dalam mendukung pencapaian
prestasi hafalan siswa kelas VIII SMP IT An-Nawawi Al-Bantani. Populasi
dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 63 siswa, dan peneliti
mengambil seluruh populasi sebagai responden dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil rxy sebesar 0,944 dengan interpretasi data
menggunakan tabel “r” pada taraf signifikansi 5% diperoleh “r” tabel
(0,944>0,250) dan pada taraf 1% diperoleh “r” tabel (0,944>0,325). Maka
pada taraf 5% dan 1% r xy lebih besar. Sehingga Hipotesa nihil ditolak dan
hipotesa alternatif diterima. Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang
signifikan antara variabel X (konsep manajemen waktu) terhadap variabel Y
(prestasi hafalan santri) di kelas VIII SMP IT An-Nawawi Al-Bantani. Dan
dengan interpretasi data sederhana atau kasar besarnya rxy yang dihasilkan
yaitu 0, 944 yang berkisar antara 0,90 - 1,00 berarti terdapat korelasi yang
yang sangat kuat atau sangat tinggi antara variabel X (konsep manajemen
waktu) dan variabel Y (prestasi hafalan Al-Qur‟an bagi santri). |
en_US |