dc.description.abstract |
belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran hakekatnya
sangat terkait hubungan interaksi antara guru dan siswa. Ekstrakurikuler
merupakan system pembelajaran psikomotorik yang dapat membantu materi
pelajaran dengan nuansa inovasi yang diolah oleh pelatih.
Penelitian ini dilakukan dengan jenis kualitatif. Tempat penelitian di
SMP Raudhah Barmawiyah. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala
sekolah,wakil kepala Sekolah, guru PAI, dan siswi. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang dignakan brupa observasi, wawancara,dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa sirah nabawiyah merupakan
materi pendidikan agama yang dapat disyairkan dengan iringan marawis,
ekstrakurikuler marawis mendukung pelajaran pendidikan agama islam
karena syairnya terkait dengan materi pelajaran agama islam, pelajaran
sirah nabawiyah dalam pelajaran pendidikan agama islam dapat dengan
mudah diserap oleh siswa dengan melapalkan lagu-lagu pada kegiatan
marawis, siswa tampak bersemangat dan enerjik setiap kali ingin melakukan
latihan, hal ini membawa dampak positif bagi siswa terhadap perkembangan
motoriknya untuk siap belajar dengan semangat yang tinggi, pada mata
pelajaran pendidikan agama islam (PAI) dibuktikan banyaknya peminat yang
diikuti para siswa, hasil yang diperoleh pada kegiatan ekskul marawis terkait
dengan pelajaran pendidikan agama islam sangat memuaskan yang
signifikan sehigga memberikan nuansa rasa percaya diri pada siswi dan
hanya menciptakan daya dukung orang tua memberikan kepercayaan kepada
sekolah untuk dapat menyekolahkan anaknya di sekolah SMP Raudhah
Barmawiyah. |
en_US |