DSpace Repository

Pengaruh Pendidikan Tahfizh Al-Quran Terhadap Kesalehan Sosial Studi Kasus Pada Siswa SMP Islam Terpadu Al Qalam Depok - Jawa Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abdul Muhaimin Zen
dc.contributor.advisor Hazairin
dc.contributor.author Saiful Rahmad, 215810147
dc.date.accessioned 2020-04-09T03:34:32Z
dc.date.available 2020-04-09T03:34:32Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/598
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai Tahfizh Al-Qur’an Pengaruhnya Terhadap Kesalehan Sosial siswa SMPIT Al-Qalam Depok. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII A, VII B, VII C, VIII A, VIII B, dan VIII C SMP Islam Terpadu Al-Qalam Kota Depok yang berjumlah 153 orang. Adapun cara penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik simple Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi di lakukan secara acak sehingga diperoleh sampel sebanyak 72 siswa. intrumen pengumpulan data untuk variabel X dan Y menggunakan koesioner (angket). Tehnik analisi data hasil penelitian menggunakan analisis tehnik korelasi yaitu dengan menggunakan korelasi produk momen (product moment correlation). Hasil pengujian analisis sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh positif yang rendah atau cukup dari Tahfizh Al-Qur’an terhadap Kesalehan Sosial dengan koefisien korelasi r=0,362 dengan mencocokkan hasil perhitungan dengan angka indeks korelasi r product moment, ternyata besarnya rxy yang diperoleh terletak antara 0,20-0,40 yang berarti terdapat korelasi positif antara variabel X dan Y tapi masih rendah atau cukup (hubungan kedua variabel tersebut rendah atau lemah). Kedua, ada hubungan positif yang signifikan antara variabel X dan Y. Dari perhitungan r hasil perhitungan dibandingkan dengan r tabel terdapat hubungan yang signifikan. Ternyata rxy (0,362) jumlahnya lebih besar dari “r” tabel yang besarnya 0,232. Karena rxy lebih besar dari “r” tabel maka hipotesa alternative (Ha) diterima dan Ho ditolak. Ini berarti untuk taraf signifikan 5% terdapat korelasi atau pengaruh positif yang signifikan antar 2 variabel yang diuji atau bahwa dengan Tahfizh Al-Qur’an dapat mempengaruhi Kesalehan Sosial siswa SMPIT Al-Qalam Depok. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascarajana Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Tahfizh Al-Qur’an en_US
dc.subject Kesalehan Sosial en_US
dc.title Pengaruh Pendidikan Tahfizh Al-Quran Terhadap Kesalehan Sosial Studi Kasus Pada Siswa SMP Islam Terpadu Al Qalam Depok - Jawa Barat en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account