DSpace Repository

Meningkatkan Perilaku Disiplin Melalui Metode 1-2-3 Magic pada Anak Kelompok A Taman Kanak- Kanak Islam Bahrul „Ulum Puspiptek Tangerang Selatan, Banten

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rachmat Mulyono
dc.contributor.author Rahmi Pujiati, 08310887
dc.date.accessioned 2020-07-02T07:43:56Z
dc.date.available 2020-07-02T07:43:56Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/776
dc.description.abstract Penelitian ini bertema Meningkatkan Perilaku Disiplin Melalui Metode 1-2-3 Magic pada Anak Kelompok A TK Islam Bahrul Ulum Puspiptek Tangerang Selatan Banten dilakukan dengan latar belakang permasalahan kedisiplinan anak yang terjadi di TK tersebut misalnya tidak menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak merapikan perlengkapan belajar, tidak merapikan mainan yang telah digunakan, membaca doa dan surat pendek dengan suara keras. Objek penelitian adalah anak Kelompok A TK Islam Bahrul Ulum yang berjumlah 13 orang, dimana anak laki-laki berjumlah 9 orang dan anak perempuan berjumlah 4 orang. Melalui penelitian ini peneliti ingin membuktikan apakah disiplin anak dapat meningkat bila metode 1-2-3 Magic diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Melalui PTK ini peneliti ingin membuktikan apakah perilaku disiplin anak dapat xxv ditingkatkan melalui metode 1-2-3 Magic.penelitian dilakukan dengan tiga siklus. Tiap siklus dilakukan selama 4 hari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi dan pencatatan data yang terkumpul diolah ke dalam bentuk kuantitatif untuk selanjutnya di analisa dengan cara komparasi prosentase rata-rata disiplin anak pada tiap siklus. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa prosentase ratarata disiplin anak pada siklus I sebesar 60.77%, pada siklus II sebesar 79,02%, dan pada siklus III sebesar 84,10%. Sehingga peningkatan perilaku disiplin anak dari siklus I hingga siklus III mencapai sebesar 20%. Selain itu, bila prosentasse rata-rata perilaku dibagi ke dalam 4 kategori tingkat kedisiplinan yaitu tingkat “tinggi” (80% ˂ skor ≤ 100%), tingkat “sedang” (60% ˂ skor ≤ 80%), cukup disiplin (40% ˂ skor ≤ 600%) dan tingkat “kurang” (20% ˂ skor ≤ 40%), maka diperoleh data bahwa jumlah anak dengan tingkat disiplin “tinggi” pada siklus I berjumlah 0, pada siklus II berjumlah 7 anak dan pada siklus III berjumlah 9 anak. Dari hasil penelitian tersebut peneliti berkesimpulan bahwa perilaku disiplin anak kelompok A TK Islam Bahrul Ulum Puspiptek dapat ditingkatkan melalui metode 1-2-3 Magic. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Disiplin en_US
dc.subject Metode 1-2-3 Magic en_US
dc.subject Kelompok A Taman Kanak- Kanak en_US
dc.title Meningkatkan Perilaku Disiplin Melalui Metode 1-2-3 Magic pada Anak Kelompok A Taman Kanak- Kanak Islam Bahrul „Ulum Puspiptek Tangerang Selatan, Banten en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account