Abstract:
Dalam kajian teoris, penulis memaparkan pengertian,
karakteristik dan keunggulan yang berkaitan dengan efektifitas
metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an
Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan
wawancara. Kemudian teknik pengolahan data penulis
menggunakan korelasi product moment. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas 4 SDIT Al-Hamidiyah Pancoran Depok
Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 24
orang, karena populasi yang ada kurang dari 100 siswa, maka
penelitian ini dinamakan penelitian populasi sehingga
responden diambil seluruhnya.
Setelah melakukan analisa data menggunakan hitungan
manual product moment maka menghasilkan r hitung lebih
besar daripada r tabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf
signifikan 1%. Maka hipotesis alternative (Ha) yang
menyatakan hubungan yang signifikan antara korelasi Metode
Ummi dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa kelas 4
SDIT Al-Hamidiyah Pancoran Depok diterima, sedang
Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa terdapat
korelasi yang signifikan antara Metode Ummi terhadap
kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa kelas 4 SDIT Al-
Hamidiyah Pancoran Depok. Artinya metode Ummi yang
xii
diterapkan di SDIT Al-Hamidiyah sangat efektif untuk
diterapkan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an