Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara menghafal Al-Qur`an (variabel X) dengan prestasi belajar siswa (variabel Y).
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah menghafal Al-Qur`an sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Al Hanif Cilegon yang berjumlah 100 siswa dan diambil sampel sebanyak 50% dari populasi siswa kelas IV yaitu sebanyak 50 siswa, dengan menggunakan metode proportional random sampling. Dengan pengumpulan data menggunakan angket untuk menghafal Al-Qur`an dan untuk prestasi belajar digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat raport siswa kelas IV semester 2 tahun ajaran 2015-2016.
Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan interpretasi secara sederhana dan interpretasi dengan product moment yang menunjukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara menghafal Al-Qur`an dengan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis data rxy = 0,630 lebih besar daripada rt baik pada taraf signifikasi 5% = 0,273 maupun pada taraf signifikasi 1% = 0,354. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara menghafal Al-Qur`an dengan prestasi belajar siswa