DSpace Repository

Peranan Pesantren Sebagai Center Of Excellence dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru Kalimantan Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Dimyathi Badruzzaman
dc.contributor.author Mariyatul Qibtiah, 12311123
dc.date.accessioned 2020-07-07T05:12:50Z
dc.date.available 2020-07-07T05:12:50Z
dc.date.issued 2016-08-16
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/802
dc.description.abstract Inovasi atau penataan fungsi pendidikan Islam, terutama pada sistem pendidikan, harus diupayakan secara terus menerus,berkesinambungan, dan berkelanjutan, sehingga nanti usahanya dapat menyentuh pada perluasan dan pengembangan sistem pendidikan Islam luar sekolah termasukpada pondok pesantren. Dibanding lembaga pendidikan yang lain, kualitas pesantren lebih bagus daripada lembaga lainnya dalam hal pengembangan karena sistem yang diterapkan di pondok pesantren adalah sistem full day school. Peserta didik yang berada di dalamnya disuguhi berbagai kegiatan pendidikan seharian penuh, dari pagi sampai malam. Dengan demikian, apapun kegiatan yang dilakukan, semuanya mengacu kepada hal pendidikan. Disini penulis ingin mengetahui bagaimana peran Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru dan juga bagaimana pelaksanaan program pendidikan dalam pengembangan pendidikan agama Islam. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pimpinan, guru, pembimbing program, santriwati dan alumni. Hasil penelitian dianalisis dengan langkah-langkah: telaah data, reduksi data, penafsiran xx data, dan menyimpulkan data, selanjutnya penulisan pembahasan hasil penelitian. Adapun hasilnya adalah bahwa Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru sangat berperan sebagai lembaga yang unggul dalam pengembangan pendidikan agama Islam. Hal ini terbukti bagaimana Pesantren mengemas santrinya dengan berbagai kegiatan pendidikan agar santri mampu menghadapi berbagai tantangan perkembangan zaman dari masa ke masa. Kegiatan yang dilaksanakan untuk pengembangan pendidikan agama Islam sendiri dapat dilihat dari pendidikan agamanya, terutama bidang Aqidah, Fiqh, dan Akhlak yang merujuk kepada Al-Qur’an dan Hadis. Tidak hanya itu, peranan Pesantren Al-Falah Puteri dalam pengembangan pendidikan agama Islam juga dapat dilihat dari pelaksanaan berbagai kegiatan program pendidikan, baik program pendidikan formal maupun non formal. Program tersebut adalah : program pendidikan berbasis kurikulum kepesantrenan, program pendidikan yang mengadopsi kurikulum kementerian agama yaitu pendidikan umum, pengajian malam hari, program amtsilati, program tahfizh Al-Qur’an dan Hadis, dan Program bahasa. Program ini ada yang wajib dilaksanakan dan diikuti oleh santriwati dan ada juga yang tidak wajib dalam arti dilaksanakan oleh santriwati yang berminat saja. Kegiatan pendidikan tersebut masing-masing punya tujuan pelaksanaan sehingga proses pelaksanaannya dilaksanakan dengan semestinya. Program pendidikan tersebut bisa bersifat formal maupun non formal, baik menyangkut ilmu agama maupun ilmu umum en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peranan Pesantren en_US
dc.subject Center Of Excellence en_US
dc.subject Pengembangan Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Peranan Pesantren Sebagai Center Of Excellence dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru Kalimantan Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account