Abstract:
Profesionalisme guru merupakan keahlian dan pengalaman dalam mengajar, sehingga ia mampu melakukan fungsinya dengan maksimal serta memiliki kompetensi sesuai dengan kriteria guru profesional. Sedangkan pengembangan profesionalisme guru dimaksudkan untuk merangsang, memelihara, serta meningkatkan kualitas guru dalam proses pengajaran. Adapun guru profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikendaki untuk mendatangkan prestasi belajar siswa serta mempu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Adapun skripsi yang akan diteliti adalah analisis tingkat profesionalisme guru bersertifikasi, yang meliputi: kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data-data yang akan diperoleh dari hasil penelitian. Penulis juga menggunakan beberapa instrumen penelitian diantaranya: observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh maka penulis menginterprestasikan data dan menganalisanya. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa profesionalisme guru bersertifikasi sudah meningkat dalam kompetensi guru. Sesuai dengan kompetensi profesionalisme guru yang dapat dilihat dari kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial