DSpace Repository

Peran Guru Tahfizh dalam Memotivasi Siswa Untuk Menghafal Al-Qur’an Sesuai Pencapaian Kurikulum di SMP Azhari Islamic School Cilandak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Elsa Yusi Nopita, 14311336
dc.date.accessioned 2020-07-09T04:56:56Z
dc.date.available 2020-07-09T04:56:56Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/810
dc.description.abstract Di SMP Azhari Islamic School Cilandak memiliki program unggulan yang wajib bagi seluruh siswanya, karena tahfizh termasuk dalam kurikulum Al-Azhar Cairo. Agar siswa bisa tercapai target hafalannya dengan baik diperlukan berbagai dorongan dan arahan dari gurunya supaua siswa bisa menjadi pribadi yang cinta dengan Al-Qur'an serta memiliki tekad untuk menghafalnya, untuk itu peran seorang guru sangat berpengaruh dalam memotivasi siswa menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Tahfizh dalam memotivasi siswa untuk menghafal Al-Qur'an sesuai pencapaian kurikulum di SMP Azhari Islami School Cilandak. Adapun dasar pemikiran penulis mengnagkat judul skripsi tersebut adalah bahwa seorang guru sangat berperan dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik dalam proses belajar dengan menggunakan metode talaqqi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis atau disebut juga penelitian kepustakaan (library resaearch), yakni mengumpulkan data berdasarkan pengamatan langsung dan menggunakan pendapat para ahli yang mendukung penulisan skripsi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru tahfizh sangat berpengaruh terhadap memotivasi siswa dalam menghafal al-Qur'an dengan cara guru memotivasi siswa secara bil lisan yaitu menyampaikan nasihat untuk menyemangati siswa menghafal, menceritakan kisah kesuksesan dan keberkahan para penghafal Al-Qur'an, memotivasi bersifat kegiatan seperti piknik al-Qur'an, mengadakan perlombaan Al-Qur'an antar siwa dan setiap akhir tahun guru mengadakan kegiatan tahfizh competition. Kemudian motivasi berupa hadiah yang guru lakukan yaitu setiap semester kepada siswa yang berprestasi dalam hafalnnya di kelas dan memberikan penghargaan nilai bagus dan pujian bagi siswa yang lancar hafalannya. Dengan berbagai macam motivasi tersebut siswa lebih bersemangat dalam menghafal untuk mencapai target sesuai dengan ketentuan kurikulum di SMP Azhari Islamic School Cilandak en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Guru Tahfizh en_US
dc.subject Memotivasi Siswa en_US
dc.subject Menghafal Al-Qur’an en_US
dc.subject Pencapaian Kurikulum en_US
dc.title Peran Guru Tahfizh dalam Memotivasi Siswa Untuk Menghafal Al-Qur’an Sesuai Pencapaian Kurikulum di SMP Azhari Islamic School Cilandak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account