Abstract:
Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya
pendidikan. Memahami hal tersebut maka diperlukan guru profesional dan
berpendidikan yang dapat menghasilkan sumberdaya manusia berkemauan
dan berkemampuan untuk senantiasa meningkatkan kualitasnya secara terus
menerus, demi mencapai tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui efektivitas penerapan kompetensi profesional guru PAI
dalam meningkatkan mutu belajar PAI di SMA Negeri 70 Jakarta. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu apakah ada hubungan guru PAI
Pendekatan kuantitatif deskriptif untuk menjawab permasalahan mengenai
profesional guru PAI dalam meningkatkan mutu belajar PAI di SMA Negeri
70 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan teknik
pengumpulan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Angket
diberikan pada 64 responden dari populasi 324 orang. Berdasarkan hasil rxy
sebesar 0,808 dengan interpretasi data menggunakan Tabel “r” pada taraf
signifikansi 5% di peroleh “r” tabel (0,808>0,250) dan pada taraf 1%
diperoleh “r” Tabel (0,808>0,325). Maka pada taraf 5% dan 1% lebih besar.
Hipotesa nihil ditolak dan hipotesa alternatif diterima. Berarti bahwa terdapat
korelasi positif signifikan variaTabel X (profesional guru PAI) terhadap
variabel Y (mutu belajar PAI). Dan dengan interpretasi data sederhana atau
kasar besarnya r xy yang dihasilkan yaitu 0.808 yang berkisar antara 0,70-
0,90 berarti terdapat korelasi yang kuat antara variabel X (profesional guru
PAI) dan variabel Y (mutu belajar PAI). Dan kontribusi profesional guru
PAI berpengaruh tinggi terhadap mutu belajar PAI sebesar 0,64 atau 64%.