Abstract:
Menghafal Al-Qur`an adalah suatu proses mengingat, dimana seluruh materi
ayat (huruf, waqaf dsb) harus diingat secara sempurna sehingga dalam
menghafalnyapun diperlukan konsentrasi tinggi. Semua ilmu pengetahuan baik
ilmu kedokteran, matematika, alam dsb membutuhkan konsentrasi yang tinggi
dalam mempelajarinya. Bagi orang yang terbiasa menghafalkan Al-Qur`an
maka ia akan terlatih dengan konsentrasi yang tinggi sehingga akan mudah
dalam mempelajari dan memahami segala ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: “Apakah terdapat pengaruh pelaksanaan program hafalan Al-
Qur`an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-
Falaah Ciputat?” Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan
pendekatan korelasional dengan metode deskriptif analisis. Analisis data
menggunakan rumus product moment. Hasil dari penelitian yakni terdapat
pengaruh pelaksanaan program hafalan Al-Qur`an terhadap prestasi belajar
PAI dengan interpretasi cukup/sedang. Hal ini dilihat dari standar kompetensi
yang terdapat dalam PAI masih terkait dengan menghafal ayat Al-Qur`an
maupun hadits. Jadi siswa yang sudah dibiasakan dalam menghafal maka akan
berpengaruh pada peningkatan daya ingat dan konsentrasi siswa dalam belajar
sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI. Hal ini terbukti dari nilai
rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tersebut tergolong baik
yakni 87,97.