Abstract:
Kecerdasan emosional sangat berperan penting dalam kesuksesan seseorang.
Agar kecerdasan emosional anak berkembang dengan baik maka diperlukan
strategi yang tepat dalam proses pendidikan. Permasalahan yang sering kali
dijumpai dalam pengajaran, khususnya pengajaran Agama Islam adalah
bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik agar diperoleh
hasil yang efektif dan efisien serta dapat meningkatkan kecerdasan emosional
anak. Selain itu juga sering didapati kurangnya perhatian guru agama
terhadap variasi penggunaan metode mengajar dalam upaya peningkatan
mutu secara baik. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya strategi guru
PAI dalam mencerdaskan emosional anak. Adapun rumusan masalah pada
penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru PAI dalam proses belajar dan
cara mengevaluasi strategi guru PAI di Pondok Pesantren Tahfizh Daarul
Qur`an Sighor Putri Tangerang dalam mencerdaskan emosional anak?. Untuk
menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian penelitian
kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dari hasil penelitian
diperolehkesimpulan bahwa Strategi Guru PAI dalam Mencerdaskan
Emosional Anak yaitu dengan menerapkan “Metode pembiasaan” yang
dimulai dari guru terlebih dahulu, penyampaian langsung ke psikomotorik
anak, seperti mempersiapkan rencana pembelajaran (i’dad tadris) sebelum
mengajar, menggunakan media dan metode pembelajaran yang tepat sesuai
kondisi kelas, pendekatan langsung, tanya jawab, dan pengkondisian anak
pada awal pembelajaran.