Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keunggulan sekolah
program adiwiyata nasional di Sekolah Islam Amalina Pondok Aren Bintaro
yang mencakup 4 komponen program Adiwiyata dan upaya sekolah dalam
meningkatkan partisipasi peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Informa penelitian ini adalah Tim Adiwiyata Sekolah, Kepala
Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Humas
Sekolah, Guru, Karyawan dan Siswa. Lokasi penelitian di Sekolah Islam
Amalina Pondok Aren Bintaro. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi
melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan berwawasan
lingkungan sudah terlaksana dengan merubah visi misi yang mendukung
pengelolaan lingkungan dan adanya alokasi dana untuk program Adiwiyata
dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan sekolah, kurikulum
berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan mengintegrasikan materi
wawasan lingkungan ke dalam mata pelajaran, kegiatan lingkungan bersifat
partisipasif dilaksanakan melalui berbagai aksi lingkungan baik yang
diselenggarakan dari sekolah maupun instansi dan mengelola sarana ramah
lingkungan dengan memanfaatkan Green House dan Rumah Kompos. (2)
Sekolah telah mengupayakan beberapa kegiatan yang melibatkan peserta didik
dalam program Adiwiyata, antara lain melibatkan siswa dalam aksi
lingkungan, dan workshop lingkungan hidup. Kendala yang dihadapi adalah
kurangnya kerjasama dan kurangnya personel dalam pemeliharaan sarana