Abstract:
Menghafal Al-Qur‟an semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan
Islam, termasuk di MI Jam‟iyyatul Khair Ciputat, Tangerang Selatan.
Keberhasilan dari hafalan Al-Qur‟an ini salah satunya pengaruh dari
peran guru tahfizh yang disusun secara khusus untuk meningkatkan
hafalan tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk terus
meningkatkan kinerja dan perannya sebagai guru tahfizh dalam
meningkatkan hafalan Al-Qur‟an. Adapun rumusan masalah pada
penelitian ini yaitu bagaimana peran guru tahfizh dalam meningkatkan
hafalan Al-Qur‟an peserta didik?. Untuk menjawab rumusan masalah
tersebut digunakan digunakan metode penelitian Kualitatif yang bersifat
deskriptif analisis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa
peran guru tahfizh dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-
Qur‟an pada peserta didik di MI Jam‟iyyatul Khair Ciputat Tangerang
Selatan sudah memberikan perannya dengan baik. Hal tersebut bisa
dilihat dari banyaknya minat siswa dalam menghafal Al-Qur‟an. Tidak
hanya menghafal Al-Qur‟an saja, tetapi juga terdapat tahsin setiap hari
jumat untuk kelas I-III mulai dari jam 10:00-11:00 dan untuk kelas IV-VI
mulai dari jam 11:00-12:00, supaya tidak hanya menghafal saja tetapi
siswa pun tahu tajwid dalam setiap bacaan Al-Qur‟an supaya mampu
membaca Al-Qur‟an dengan benar. MI Jam‟iyyatul Khair juga
melibatkan setiap wali kelas dalam proses menghafal Al-Qur‟an siswa
supaya guru bisa lebih memantau keseharian siswa dan lebih memahami
karakter setiap siswa.