Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi suatu kondisi yang lebih menguasai dan lebih
menekankan pada bawah sadar hati nurani sehingga mudah untuk
menumbuhkan minat belajar siswa melalui hypno heart teaching maka dari
itu peneliti mengambil dengan judul skripsi penerapan pendidikan karakter
melalui hypno heart teaching di SDIT Nurul Amal Pondok Cabe Ilir,
Pamulang, adapun rumusan masalah bagaimana penerapan pendididikan
karakter di SDIT Nurul Amal khususnya kelas V tahun ajaran 2018. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa penerapan
pendidikan karakter peserta didik melalui metode hypno heart teaching.
Penelitian ini bersifat kualitatif sehingga metode yang digunakan adalah
metode penelitian korelasi deskriptif dengan menggunakan analisis
wawancara, Observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaannya peneliti
mengadakan penelitian lapangan dengan melakukan wawancara terhadap
pengarang bukunya langsung, kepala sekolah, guru kelas, dan siswa-siswi
yang menjadi sampel penelitian, serta observasi di sekolah yang menjadi
tempat penelitian. Penelitian dilakukan di SDIT Nurul Amal Pondok Cabe
Ilir, Pamulang. sebanyak 102 siswa-siswi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa berdasarkan keseluruhan data yang diperoleh dari hasil wawancara
dengan narasumber, dapat diketahui bahwasanya penerapan pendidikan
karakter dengan metode hypno heart teaching di SDIT Nurul Amal Pondok
Cabe Ilir Pamulang dapat dikatakan berjalan dengan baik. Karena metode ini
digunakan dari kelas I (satu) sampai kelas VI (enam), sehingga untuk
mengajar kelas V (lima) yang dijadikan sampel penelitian gurunya tidak
terlalu mengalami kesulitan. Pada penerapan metode hypno heart teaching
ini dikesehariannya para peserta didik sangat antusias untuk dalam belajar.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisa
penerapan mendidik karakter peserta didik melalui metode hypno heart
teaching di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Amal Pondok Cabe Ilir,
Pamulang.