Abstract:
Peningkatan program unggulan pendidikan sangatlah penting bagi murid
atau santri, karena untuk menarik murid atau santri dalam bidang yang ia
kuasai, semua santri sangat dianjurkan untuk mengikuti program ungggulan
pendidikan. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah manajemen strategi yang akan
digunakan dalam menghadapi permasalahan yang ada di pondok pesantren
Daarurrahmah, yaitu dengan menggunakan strategi menjadikan program
unggulan pendidikan pondok menjadi lebih baik, adapun program
unggulannya yaitu: 1. Kurikulum, 2. Bahasa (Arab dan Inggris), Tahfidz Al-
Qur`an dan Kegiatan Pramuka. Dalam hal ini penulis merumuskan masalah
yaitu Bagaimana strategi yang dilakukan pondok pesantren Darurrahmah
dalam meningkatkan program unggulan pendidikan dan Bagaimana evaluasi
yang dilakukan oleh pondok pesantren Darurrahmah terhadap strategi
tersebut. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif
kualitatif. Hasil yang dicapai dari strategi yang dilakukan pondok pesantren
Daarurrahmah dalam menerapkan program unggulan pendidikan pada santri
adalah membuat program mingguan, bulanan dan tahunan, membentuk
struktur organisasi program unggulan pendidikan di setiap bidangnya
masing-masing dan mendirikan sarana prasarana untuk program unggulan.
Serta langkah-langkah yang dilakukan pondok pesantren Daarurrahmah
dalam menerapkan program unggulan selalu di sertai dengan evaluasi
pekanan, bulanan dan tahunan.