DSpace Repository

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Karakter Kedisiplinan Kepada Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Al-Fath Cirendeu, Ciputat Timur, Kota tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Artani Hasbi
dc.contributor.author Maratus Sholehah, 14311376
dc.date.accessioned 2020-07-17T04:16:12Z
dc.date.available 2020-07-17T04:16:12Z
dc.date.issued 2018-08-10
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/847
dc.description.abstract Disiplin diperlukan agar sekolah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri yang ada. Tanpa ada nilai kedisiplinan, sekolah hanya akan menjadi tempat berseminya berbagai macam konflik sehingga kekacauan menjadi buah-buah yang tak terelakan dari tindakan indisipliner tersebut. Untuk itu sebagai guru Pendidikan Agama Islam, memberikan strategi kepada perseta didik dalam penanaman kedisiplinan baik di kelas maupun di luar kelas, dan di manapun berada. Pendidikan yang membangun karakter itu yang sangat diharapkan, sebagai guru harus membangun karakter, dan penanaman sifat. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman karakter kedisiplinan kepada peserta didik. Pentingnya masalah ini diteliti adalah guna untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman karakter kedisiplinan kepada peserta didik. Hubungan timbal balik antara guru dengan peserta didiknya mengarah pada tujuan yang hendak diwujudkan bersama yaitu tujuan proses pembelajaran dengan hasil yang berkulaitas. Berpijak dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian di SMP Al-Fath Cirendeu, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan dengan judul strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman karakter kedisiplinan kepada peserta didik.Untuk mencapai tujuan, penelitain ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dan dilakuakn melalui (1) pengamatan (observasi), (2) wawancara, (interview), dan (3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa guru sudah menanamkan penanaman kedisiplinan di SMP Al-Fath Cirendeu. Penanaman tersebut meliputi: (1) siswa menaati segala peraturan yang ada, (2) di tanamkan kebiasaan agar siswa datang tepat waktu, (3) disiplin dalam beribadah, Memberikan sanksi bagi siswa yang terlambat masuk kelas yakni diberi sanksi berupa menulis kalimat istighfar, atau membaca surat-surat pendek seperti juz „amma yang sudah mereka hafal. Dalam lingkup sekolah maka akan mendapatkan poin dan di tulis di buku kasus en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Penanaman Karakter Kedisiplinan en_US
dc.title Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Karakter Kedisiplinan Kepada Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Al-Fath Cirendeu, Ciputat Timur, Kota tangerang Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account