dc.description.abstract |
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: “Bagaimanakah hasil prestasi
belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Insan Cendekia Madani,
Serpong? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang prestasi
belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Insan Cendekia Madani,
Serpong. Peneliti meneliti tentang proses evaluasi Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI), yang mana dari proses evaluasi tersebut akan
menghasilkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Jenis
penelitian yang penulis lakukan penelitian lapangan (field research). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: SMP Insan Cendekia Madani, Serpong
merupakan satuan pendidikan (sekolah) yang telah berhasil melaksanakan
pembelajaran, sehingga membentuk karakter peserta didik menjadi lebih
ramah serta sopan santun dan sesuai dengan fungsi penyelenggaraan
Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah-sekolah dan hasil pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dicapai oleh kelas VII pada tahun
ajaran 2017-2018 yang mengungkapkan bahwa nilai rata-rata kelas VII pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tahun ajaran 2017-2018 adalah
84,98, yang mana hasil diperoleh dari jumlah seluruh nilai rata-rata siswasiswi
kelas VII dengan jumlah 7.479 yang dibagi dengan jumlah seluruh
peserta didik yang berjumlah 88 orang, dengan kriteria kelulusan minimal 80,
dengan skala huruf B yang berarti baik. Kemudian persentase jumlah siswa
yang telah lulus belajar adalah 100%, dikarenakan seluruh siswa telah
memperoleh skor 80 atau 80 lebih. Proses evaluasi yang dilaksanakan di
kelas 7 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Insan
Cendekia Madani, Serpong, telah sesuai dengan berbagai teori evaluasi yang
berlaku dan juga telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan tentang Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian. Untuk
tindak lanjut atau umpan balik kepada siswa ditunjukkan dengan
diadakannya program remedi pada materi yang belum tuntas. |
en_US |