Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya mengaplikasikan strategi belajar
Syaikh Az-Zarnuji kedalam proses pembelajaran. Akan tetapi, santri di
pesantren Turus khususnya program Tahfidz Al-Qur’an tetap menerapkan
kedalam pembelajaran, baik pembelajaran sekolah maupun diniyah. Dengan
tujuan, mengaplikasikan strategi belajar Syaikh Az-Zarnuji dapat membantu
santri dalam memahami materi pelajaran dan memperbaiki akhlak santri.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi
Belajar menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim, 2)
Bagaimana Aplikasi Strategi Belajar menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam
Pembelajaran Diniyah Program Tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Turus
Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam
bentuk studi kasus. Data diperoleh dari Pesantren Turus, sedangkan
pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Instrumennya yaitu peneliti sendiri dan pedoman pengumpulan
data. Data diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data
reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa : 1) Strategi belajar menurut Syaikh Az-Zarnuji
dalam kitab Ta’lim Muta’allim merupakan sebuah cara agar seorang pelajar
cepat dalam menghafal dan memahami ilmu. Akan tetapi pada intinya
strategi Syaikh Az-Zarnuji adalah strategi yang didasarkan pada moral
religius agar pelajar bukan hanya faham akan suatu ilmu tetapi juga dapat
mengamalkan ilmu yang sudah didapatkan kedalam kehidupan sehari-hari
dan mendapat ridho Allah SWT; 2) Aplikasi strategi belajar menurut Syaikh
Az-Zarnuji dalam pembelajaran diniyah program tahfidz Al-Qur’an di
Pesantren Turus dapat dikatakan diaplikasikan dengan baik karena sebagian
besar santri mengaplikasikan strategi belajar Syaikh Az-Zarnuji kedalam
semua kegiatan pembelajaran, terutama pada saat pembelajaran diniyah