Abstract:
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya program yang
dijalankan di Pesantren La Tansa demi menunjang proses pendidikan yang
dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan kearah pengetahuan yang
lebih maju. Salah satu wadah pembinaan santri di Pondok Pesantren La
Tansa yang terbilang modern karena memakai program Boarding School
adanya kajian kitab kuning. Karena tidak banyak lulusan pesantren modern
yang lancar membaca kitab-kitab kuning, sehingga dilakukan kajian kitab
kuning diluar kegiatan belajar mengajar di kelas. Berdasarkan latar belakang
masalah di atas, penulis mendapatkan rumusan masalah yaitu: “Bagaimana
Peranan Program Boarding School dalam Meningkatkan Prestasi
Membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren La Tansa Lebak
Gedong, Lebak Banten?” Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Yaitu
mencari data informasi secara langsung di lapangan yang diperlukan dalam
penelitian yang dilakukan. Dalam hal pengumpulan data ini, penulis terjun
langsung pada objek penelitian untuk mendapatkan data yang valid, maka
peneliti menggunakan metode sebagai berikut: observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dengan
menerapkan metode yang sudah disebutkan sebelumnya, maka penulis
mendapat hasil penelitian sebagai berikut: Peranan program Boarding School
dalam meningkatkan prestasi membaca kuning ini yaitu dengan adanya
kajian kitab kuning yang dilaksanakan diluar KBM yaitu pada waktu setelah
shalat shubuh. Selain itu adanya peran pesantren dengan meningkatkan
kualitas bacaan santri dalam membaca kitab dengan dibantu oleh pengajar
yang memiliki basic bahasa Arab. Adanya program kitab kuning ini untuk
membantu santri dalam pembelajaran bahasa Arab terutama Nahwu Shorofnya
dan untuk meningkatkan prestasi membaca kitab gundul juga membantu
santri dalam perlombaan membaca kitab.