dc.description.abstract |
Peneltian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam mencapai
kompetensi pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah peneltn yang bersifat analisis
deskriptif, dengan menguraikan keadaan atau fakta yang terjadi di lapangan.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan tahapan
penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini
menggunakan teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa, dengan adanya
Penerapan CTL yang digunakan untuk pembelajaran Akidah Akhlak ternyata
membuat siswa lebih respek dan ikut berpartisipasi dalam proses
pembelajaran, sehingga siswa dengan mudah dapat memahami materi yang
dipelajari. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan Contextual Teaching
and Learning (CTL) berdampak positif dan sangat efektif untuk digunakan
dalam pelajaran Akidah Akhlak guna mencapai kompetensi pembelajaran
yang diharpakan. |
en_US |