DSpace Repository

Konsep Simulasi Sosial Menentukan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa di Sekolah (Studi Analisa di MTs Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Syafi'i Noor
dc.contributor.author Nisa Winawati Azhari, 14311389
dc.date.accessioned 2020-07-17T05:32:05Z
dc.date.available 2020-07-17T05:32:05Z
dc.date.issued 2018-10-28
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/857
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompleknya permasalahan yang ada di masyarakat saat ini, untuk memecahkannya kita harus memiliki ketrampilan sosial yang baik, dan keterampilan sosial yang baik dapat dimiliki dengan membiasakan diri menanamkan konsep simulasi sosial. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis mendapatkan rumusan masalah yaitu: “Apakah konsep simulasi sosial yang dimiliki siswa akan menentukan keterampilannya dalam mengambil keputusan disekolah? Dan apakah setiap siswa memahami bahwa konsep sosial adalah hal yang penting dalam mengambil sebuah keputusan?.” Penelitian ini menggunakan metode “survey” dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrument penelitian yang digunakan angket dalam bentuk pernyataan. Angket ditujukan pada 60 orang siswa. Selain itu, peneliti memperoleh data penunjang lainnya melalui observasi langsung ke sekolah. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah konsep simulasi sosial yang dimiliki oleh siswa MTs Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta meliputi pemahamannya maupun penerapannya dalah kehidupan sehari-hari di sekolah memiliki keterkaitan yang kuat karna dapat menentukan keterampilan siswa tersebut dalam mengambil sebuah keputusan. Kesimpulan ini dibuktikan dengan memperhatikan tingginya nilai “r” hitung yaitu 0,72% yang lebih besar dari r tabel baik pada signifikansi 5% (0,273) maupun pada taraf signifikansi 1% ( 0,354) dan terletak pada interval koefisien 0,70-0,90 yang menunjukkan bahwa konsep simulasi sosial dan keterampilan pengambilan keputusan disekolah memiliki korelasi yang kuat dan tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Simulasi Sosial en_US
dc.subject Keterampilan Pengambilan Keputusan en_US
dc.title Konsep Simulasi Sosial Menentukan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa di Sekolah (Studi Analisa di MTs Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account