dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompleknya permasalahan yang
ada di masyarakat saat ini, untuk memecahkannya kita harus
memiliki ketrampilan sosial yang baik, dan keterampilan sosial yang
baik dapat dimiliki dengan membiasakan diri menanamkan konsep
simulasi sosial. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis
mendapatkan rumusan masalah yaitu: “Apakah konsep simulasi
sosial yang dimiliki siswa akan menentukan keterampilannya dalam
mengambil keputusan disekolah? Dan apakah setiap siswa
memahami bahwa konsep sosial adalah hal yang penting dalam
mengambil sebuah keputusan?.” Penelitian ini menggunakan metode
“survey” dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
yaitu random sampling. Instrument penelitian yang digunakan angket
dalam bentuk pernyataan. Angket ditujukan pada 60 orang siswa.
Selain itu, peneliti memperoleh data penunjang lainnya melalui
observasi langsung ke sekolah. Hasil yang ditemukan dalam
penelitian ini adalah konsep simulasi sosial yang dimiliki oleh siswa
MTs Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta meliputi
pemahamannya maupun penerapannya dalah kehidupan sehari-hari di
sekolah memiliki keterkaitan yang kuat karna dapat menentukan
keterampilan siswa tersebut dalam mengambil sebuah keputusan.
Kesimpulan ini dibuktikan dengan memperhatikan tingginya nilai “r”
hitung yaitu 0,72% yang lebih besar dari r tabel baik pada
signifikansi 5% (0,273) maupun pada taraf signifikansi 1% ( 0,354)
dan terletak pada interval koefisien 0,70-0,90 yang menunjukkan
bahwa konsep simulasi sosial dan keterampilan pengambilan
keputusan disekolah memiliki korelasi yang kuat dan tinggi. |
en_US |