dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah didasarkan dengan
perkembangan teknologi yang sangat besar dan sudah memasuki dunia anakanak
dan mereka lebih menyukai hal-hal yang berhubungan dengan bermain.
Berbanding jauh dengan orang tua yang menginginkan anaknya untuk kearah
yang lebih baik termasuk dalam hal menghafal al-Qur`an. Tujuan penelitian
ini adalah mendeskripsikan bagaimana sistem yang baik digunakan dalam
pembelajaran tahfidz al-Qur`an yang baik untuk anak usia dini dengan
perkembangan tekhnologi yang begitu pesat. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SDIT Az-Azahra
Pondok Petir, pengumpulan data dengan pengamatan, observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna
terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) sistem pembelajaran Tahfidz al-
Qur`an cukup baik, dari segi strategi dan evaluasi pembelajaran yang terbukti
dengan adanya beberapa prestasi dan kelulusan siswa dengan hafal juz 30
dan adanya raport tahfidz siswa sebagai pernyaratan untuk mengambil ijazah
sekolah, 2) Metode yang digunakan oleh SDIT Az-Zahra yaitu metode
talaqqi dan metode ini dilaksanakan dengan baik dan sangat membantu bagi
siswa/i Az-Zahra Pondok Petir, 3) Keberhasilan siswa terbentuk karena
adanya komunikasi yang baik antar wali murid dengan guru yaitu dengan
memonitoring siswa baik di rumah maupun dirumah. |
en_US |