dc.description.abstract |
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masjid memiliki fungsi
edukasi diantaranya adalah berfungsi untuk mengembangkan nilai-nilai
humainis dan kesejahterahan umum. Mata pelajaran pendidikan agama islam
tentu sangat membutuhkan masjid sebagai tempat laboratorium agama,
tempat pembelajaran, perkumpulan kegiatan kerohanian Islam dan lain
sebagainya, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di masjid selain
untuk shalat. Berdasarkan kenyataan yang ada, bahwa perlu diupayakan
berbagai usaha untuk memakmurkannya, disamping memfungsikannya
semaksimal mungkin secara terus menerus. Yang menjadi permasalahn
peneliti ini adalah bagaimana peran manajemen masjid sekolah dalam
pembelajaran PAI dan bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI untuk
memfungsikan peran masjid dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Manba‟ul
Khair Tangerang, sedangkan jenis penelitian dalam penelitiian ini adalah
penelitian lapangan (Field Reserch). Penelitian lapangan adalah untuk
mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung.
Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode obsevasi, dokumentasi,
dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display data dan
penarikan kesimpulan. Berdasarkan permasalah yang dipaparkan diatas,
setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa peran manajemen masjid sekolah
dalam pembelajaran PAI penulis mendapatkan kesimpulan bahwasannya
peran manajemen masjid sekolah dalam pembelajaran PAI, sudah cukup baik
dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasannya.
Dan cukup banyak membantu dalam berlangsungnya proses pembelajaran
PAI. upaya yang dilakukan guru PAI untuk memfungsikan peran masjid
dalam pembelajaran PAI yaitu Disetiap pelaksanaannya, Guru PAI
melakukan upaya yaitu: membimbing, mengarahkan, dan memotivasi kepada
semua siswa agar upaya yang dilakukan oleh guru PAI berjalan sesuai yang
diinginkan. |
en_US |