DSpace Repository

Peran Manajemen Masjid Sekolah Dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus di MTs Manba’ul Khair Tangerang)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Dimyathi Badruzzaman
dc.contributor.author Nureka Yulianti, 14311394
dc.date.accessioned 2020-07-17T05:42:58Z
dc.date.available 2020-07-17T05:42:58Z
dc.date.issued 2018-08-21
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/860
dc.description.abstract Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masjid memiliki fungsi edukasi diantaranya adalah berfungsi untuk mengembangkan nilai-nilai humainis dan kesejahterahan umum. Mata pelajaran pendidikan agama islam tentu sangat membutuhkan masjid sebagai tempat laboratorium agama, tempat pembelajaran, perkumpulan kegiatan kerohanian Islam dan lain sebagainya, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di masjid selain untuk shalat. Berdasarkan kenyataan yang ada, bahwa perlu diupayakan berbagai usaha untuk memakmurkannya, disamping memfungsikannya semaksimal mungkin secara terus menerus. Yang menjadi permasalahn peneliti ini adalah bagaimana peran manajemen masjid sekolah dalam pembelajaran PAI dan bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI untuk memfungsikan peran masjid dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Manba‟ul Khair Tangerang, sedangkan jenis penelitian dalam penelitiian ini adalah penelitian lapangan (Field Reserch). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode obsevasi, dokumentasi, dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan permasalah yang dipaparkan diatas, setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa peran manajemen masjid sekolah dalam pembelajaran PAI penulis mendapatkan kesimpulan bahwasannya peran manajemen masjid sekolah dalam pembelajaran PAI, sudah cukup baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasannya. Dan cukup banyak membantu dalam berlangsungnya proses pembelajaran PAI. upaya yang dilakukan guru PAI untuk memfungsikan peran masjid dalam pembelajaran PAI yaitu Disetiap pelaksanaannya, Guru PAI melakukan upaya yaitu: membimbing, mengarahkan, dan memotivasi kepada semua siswa agar upaya yang dilakukan oleh guru PAI berjalan sesuai yang diinginkan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Manajemen Masjid en_US
dc.title Peran Manajemen Masjid Sekolah Dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus di MTs Manba’ul Khair Tangerang) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account