Abstract:
MI Jam’iyyatul Khairr adalah salah satu Madrasah Ibtidaiyyah yang
melakasanakan kegiatan pembelajaran dengan konsep pembelajaran yang
aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta berupaya untuk memfasilitasi
perkembangan Multpie Intellegences murid. Dan nilai-nilai pembelajaran
agama Islam serta pembentukan karakter di intregrasikan dalam setiap mata
pelajaran MI Jam’iyyatul Khair melaksanakan pembelajaraan dengan
pendekatan Tematik dan pembelajaran Agama Islam dan Al-Qur’an yang
diterapkan di kembangkan melalui peraktek do’a sebelum jam pelajaran,
sholat dhuha setiap hari senin dan kamis serta penerapan pelajaran fiqh, SKI,
Al-Qur’an Hadist atau pembiasaan ibadah sehari-hari. Proses kegiatan
pembelajaraannya di laksanakan dengan cara pendekatan antara guru dengan
siswa, pada tiap-tiap kelas satu kelasnya dua guru untuk kelas 1 MI nya, dan
karena pendidikan karakter merupakan hal pokok yang menjadi Misi utama
di MI Jam’iyyatul Khair dalam mendidik akhlak serta moral setiap siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriftif analisis atau disebut juga penelitian kepustkaan
(library research) yakni mengumpulkan data berdasarkan pengamatan
langsung dan menggunakan pendapat para ahli yang mendukung pembuatan
skripsi ini. Berdasarkan hasil observasi peneliti dengan kepala sekolah Ibu
Carnati S.Pd; dari 3 kelas dengan jumlah siswa 102, kelas I 34 siswa, kelas v
32, kelas vi 36 siswa, dapat saya simpulkan bahwa strategi yang digunakan
guru di MI jam’iyyatu khiar dalam menanamkan karakter Islami, 75% sudah
berhasil dari 102 siswa, 25% tidak berhasil hal itu dikarenakan masih ada
beberapa kendala, salah satunya yaitu, ada beberapa siswa yang kadangkadang
kurang disiplin dalam menjalankan tugasnya