dc.description.abstract |
Latar Belakang penelitian ini melihat pentingnya mengedepankan
peran pendidikan di lingkungan sekolah. Terutama pada pendidikan agama
Islam dalam rangka mengatasi kemajuan tren mode pada pakaian di zaman
era globalisasi ini. Madrasah Aliyah Islamiyah Ciputat merupakan lembaga
pendidikan Islam yang berperan penting dalam proses pengembangan
Pendidikan Agama Islam dan lembaga pendidikan ini di bawah naungan
organisasi Nahdhatul Ulama (NU).Dalam hal ini penulis menemukan
permasalahan yang akan diteliti yaitu bagaimana upaya para pendidik dalam
mengatasi adanya Tren Mode Pakaian pada Remaja di Madrasah Aliyah
(MA) Islamiyah Ciputat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Untuk mengumpulkan data yang digunakan metode observasi, dokumentasi,
dan wawancara dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Penulis
melakukan observasi yakni meninjau dan terjun langsung ke tempat
penelitian agar dapat mengetahui keadaan sekolah secara fakta dan real
pada tempat penelitian tersebut. Kemudian penulis selain observasi juga
menggunakan wawancara agar dapat memperoleh informasi yang benar dari
sumber yang diteliti. Setelah itu peneliti menggunakan dokumentasi sebagai
penunjang adanya proses penelitian, bahwasannya dari sini peneliti dapat
membedakan pakaian seragam siswa-siswi yang mengikuti tren mode
pakaian yakni dinilai tidak sesuai syariat Islam dan bagi siswa-siswi yang
berpakaian seragam tidak mengikuti tren mode pakaian yakni sesuai dengan
syariat Islam.Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa
upaya para pendidik dalam mengatasi adanya Tren Mode Pakaian pada
Remaja di Madarasah Aliyah (MA) berjalan dengan baik. Para guru mampu
mengatasi siswa remaja yang terbilang minoritas mengikuti adanya Tren
Mode pakaian pada seragam sekolah dengan melakukan pembinaan yang
semestinya dan mayoritas para peserta didik mampu menerapkan peraturan
tata tertib sekolah yakni tidak mengikuti adanya Tren Mode Pakaian pada
seragam sekolah. |
en_US |