Abstract:
Supervisi dilakukan untuk melihat bagaimana dari kegiatan sekolah
yang masih negatif untuk diupayakan menjadi positif, dan melihat mana
yang sudah positif untuk ditingkatkan menjadi lebih positif lagi dan yang
terpenting adalah pembinaannya. Dalam hal ini di SDS Azhari Islamic
School cilandak terlihat banyak prestasi dalam bidang keagaaman yaitu
MTQ, Tilawah, Pidato Keagamaan yang dibimbing oleh guru PAI. Dalam
hal ini penulis merumuskan masalah yaitu Bagaimana peran supervisi dalam
meningkatkan profesionalis guru PAI di Azhari Islamic School Cilandak.
Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil
yang dicapai dalam peran kepala sekolah sebagai supervisi dalam
meningkatkan professional guru PAI adalah kepala sekolah sudah
menjalankan program supervise akademik dengan baik. hal ini terlihat saat
guru PAI mengajar didalam kelas dengam menggunakan metode yang baik,
bisa mengelola kelas dengan baik, sudah terlihat menguasai materi. Dan
kepala sekolah sudah melaksanakan program supervisi akademik yakni
mengobservasi kelas secara langsung. Selain itu diadakan program yang lain
yaitu diskusi, rapat guru dan melihat RPP serta silabus. Dan juga kepala
sekolah membantu dan membina para guru yang mengalami permasalahan
dalam proses belajar mengajar bertujuan agar pembelajaran berjalan dengan
baik.