Abstract:
Latar belakang dari penelitan adalah fakta bahwa terdapat banyak
kemorosotan moral yang terjadi pada generasi modern saat ini terutama pada
generasi muda. Hal tersebut terbukti pada dunia pendidikan masih banyak
siswa yang melanggar peraturan sekolah, mulai dari tidak mengerjakan tugas,
datang terlambat, membolos dan ketidakpatuhan siswa terhadap gurunya.
Berbagai sikap tersebut terjadi karena menipisnya sikap disiplin dan
tanggung jawab siswa. Untuk menangani hal tersebut perlu adanya lembaga
pendidikan yang mampu untuk mengatasinya serta dapat membangun
karakter kedisiplinan dan tanggung jawab pada diri peserta didik. Metode
penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi
di SD Al-Syukro Universal. Sumber data yang digunakan dalam proses
pnelitian dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi
pendidikan karakter dalam membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab di
SD Al-Syukro Universal meliputi dua aspek yaitu pelaksanaan dan upaya
sekolah. Pelaksanan implementasi pendidikan karakter dalam membentuk
kedisiplinan dan tanggung jawab di bentuk melalui kegiatan pembiasaan, tata
tertib, sarana prasarana dan keteladanan. Adapun upaya sekolah dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter dalam membentuk kedisiplinan
dan tanggung jawab yaitu dengan menciptakan kegiatan belajar mengajar
yang kondusif, efektif lagi menyenangkan. Dan pihak sekolah juga
memberikan contoh teladan kepada peserta didik yang diterapkan melalui
kegiatan sehari-hari sehingga peserta didik menjadi insan yang lebih baik
lagi.