Abstract:
Pendidikan merupakan media utama dalam membangun kecerdasan sekaligus
kepribadian anak manusia menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pendidikan
secara terus-menerus dibangun dan dikembangkan agar proses pelaksanaanya
menghasilkan generasi yang diharapkan mampu untuk melanjutkan
perjuangan bangsa dan memiliki karakter mulia. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pendiidikan Agama Islam terhadap karakter
kepemimpinan siswa di SMA Negeri 70 Jakarta. Adapun rumusan masalah
dalam penelitian ini, yaitu apakah pendidikan agama Islam berpangaruh
terhadap karakter kepemimpinan siswa di SMA Negeri 70 Jakarta. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data
observasi, wawancara, kuesioner atau angket. Data dianalisis dengan
menyebar angket kepada 99 peserta didik yang terdiri dari kelas 12 di sma 70
berdasarkan data yang terkumpul lalu dianalisis menggunakan rumus product
moment dengan kemudian hasil dari perhitungan sebesar 0,686 dengan
interpretasi dari perhitungan rxy diatas angka kolerasi variabel X pengaruh
pendidikan agama islam dan Y karakter kepemimpinan siswa tidak bertanda
negative, berarti terdapat kolerasi positif antara variabel x dan y dengan
memperhatikan besarnya rxy 0,686 yang berkisar antara 0,40-0,70 kolerasi
ini tergolong kolerasi sedang atau cukup. interprestasi dengan menggunakan
tabel rxy product moment langkah pertama yang ditempuh mencari df dengan
rumus df = n - nr atau 99 – 2 = 97 Kemudian dicek maka diperoleh taraf
signifikansi 5% dalam tabel 0,195 Setelah mengetahui diperoleh r tabel 0,686
lebih besar 0,195 maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesa alternative
diterima.