dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah kurang sesuainya teknik
pembelajaran yang diterapkan oleh guru terutama pada proses
pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga kurangnya keaktifan
siswa dalam belajar dan kurangnya penanaman nilai-nilai agama dalam
diri siswa, karena guru hanya menyampaikan materi dengan satu arah
tanpa melibatkan peran aktif siswa Adapun rumusan masalah pada
penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan teknik active learning pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Fath BSD? dan
apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan teknik
active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-
Fath BSD?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan
pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, dengan
teknik pengumpulan data melalui: Observasi, wawancara, dan
Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan teknik active learning dalam proses pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Kelas VII SMP Al-Fath BSD berjalan dengan sangat
baik sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran,
lebih mudah memahami materi pelajaran dan membuat pembelajaran
menjadi menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran pendidikan
agama Islam bisa terwujud. Teknik yang digunakan guru bervariatif
diantaranya role playing, demonstrasi, diskusi, mind maping, bermain
peran dan lain sebagainya. Adapun yang menjadi faktor pendukung
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sarana prasarana
yang memadai, kesamaan visi, dan profesionalitas guru dalam
membimbing peserta didik. Sedangkan faktor yang menghambat, yaitu:
kurangnya motivasi diri dari peserta didik dan orang tua siswa yang
kurang memahami mengenai pentinya kecerdasan spiritual. |
en_US |