DSpace Repository

Penerapan Teknik Active Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Al-Fath BSD

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Syafi'i Noor
dc.contributor.author Siti Khairunnisa, 14311419
dc.date.accessioned 2020-07-17T07:15:56Z
dc.date.available 2020-07-17T07:15:56Z
dc.date.issued 2018-08-13
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/875
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah kurang sesuainya teknik pembelajaran yang diterapkan oleh guru terutama pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dan kurangnya penanaman nilai-nilai agama dalam diri siswa, karena guru hanya menyampaikan materi dengan satu arah tanpa melibatkan peran aktif siswa Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan teknik active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Fath BSD? dan apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan teknik active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al- Fath BSD?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui: Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik active learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Al-Fath BSD berjalan dengan sangat baik sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lebih mudah memahami materi pelajaran dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam bisa terwujud. Teknik yang digunakan guru bervariatif diantaranya role playing, demonstrasi, diskusi, mind maping, bermain peran dan lain sebagainya. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sarana prasarana yang memadai, kesamaan visi, dan profesionalitas guru dalam membimbing peserta didik. Sedangkan faktor yang menghambat, yaitu: kurangnya motivasi diri dari peserta didik dan orang tua siswa yang kurang memahami mengenai pentinya kecerdasan spiritual. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Teknik Active Learning en_US
dc.subject Pembelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Penerapan Teknik Active Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Al-Fath BSD en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account